Jenis Jenis Makanan Ikan Bawal Agar Tumbuh Besar dengan Sehat

Jenis Jenis Makanan Ikan Bawal Agar Tumbuh Besar dengan Sehat – Salah satu rahasia sukses untuk membudidayakan ikan bawal terletak pada perawatannya, termasuk manajemen kualitas air, pemberian suplemen dan pupuk, hingga pemberian pakan ikan bawal yang berkualitas.

Sama halnya dengan komoditas perikanan lain, untuk budidaya ikan bawal dulur harus bisa memilih jenis pakan yang tepat. Dengan begitu ikan bawal dapat tumbuh sehat, berproduktivitas tinggi, serta cepat besar.

Jenis pakan ikan bawal ini juga beragam, dari pakan alami hingga pabrikan. Ingin tahu apa saja jenis pakan ikan bawal dan kebutuhan nutrisi yang perlu dulur perhatikan? Nah, dalam artikel ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis pakan ikan bawal yang berkualitas. Yuk, simak berikut pembahasannya.

Jenis-jenis Makanan Ikan Bawal Agar Tumbuh Besar dengan Sehat

1. Pakan Alami

Jenis pakan pertama untuk ikan bawal yaitu kamu dapat memberinya pakan alami. Ikan bawal tergolong sebagai ikan omnivora, saat ukurannya masih kecil masih berupa larva, larva ikan bawal ini memakan plankto atau zooplankton dan kuning telur.

Selama 3-4 hari, rongga mulut larva ikan bawal masih belum terbuka. Oleh karena itu, larva ikan bawal masih mengandalkan kuning telur yang berada di bawah perutnya sebagai makanan.

Setelah 3-4 hari atau setelah kuning telur habis, baru larva ikan bawal memakan plankton atau zooplankton. Pakan ikan bawal dalam bentuk plankton ini akan bertahan 3-4 hari ke depan sampai plankton-plankton tersebut habis.

Tentunya, tahap larva ikan bawal sangat berbeda dengan ikan bawal dewasa yang bisa mengonsumsi apa saja, karena itulah ikan bawal tergolong ikan omnivora. Beberapa contoh pakan ikan bawal air tawar alami di antaranya tubifex, larva chironomus, cacing oligochaeta, dan moluska.

Read More

2. Sayuran dan Buah-buahan

Pakan selanjutnya untuk ikan bawal kamu dapat memberinya sayuran atau buah-buahan. Kamu bisa memberikan sayuran bertekstur lembut seperti sawi, kol, kangkung, dan bayam. Sayuran ini harus dicincang terlebih dulu agar ikan bawal lebih mudah mengonsumsinya.

Setelah sayuran dicincang, kamu bisa menyimpannya di dalam wadah khusus yang diletakkan di atas permukaan air kolam, lebih tepatnya di salah satu sudut kolam yang dekat dengan pintu pembuangan air, pada posisi terapung. Kamu bisa memberikan sayuran sebagai makanan ikan bawal di hari ke-10 pasca penebaran benih.

Selain sayuran, ikan bawal juga mengonsumsi buah-buahan. Pemberikan jenis pakan ini dilakukan sebanyak 2-3 hari sekali.

3. Azolla Microphylla

Azolla Microphylla atau yang biasa dikenal dengan tanaman paku air merupakan jenis tanaman yang cocok dijadikan makanan organik untuk ikan bawal. Selain jadi makanan ikan bawal, Azolla juga cocok dijadikan pakan unggas atau pupuk karena kandungan nutrisinya baik.

Azolla memiliki kandungan nutrisi protein sebesar 31,25%, karbohidrat sebanyak 6,5%, serat kasar sebanyak 13% dan total lemak sebanyak 7,5%. Tak heran bila Azolla disebut sebagai pakan terbaik dibandingkan dedak, beras atau jagung.

4. Ampas Kelapa

Jenis pakan ikan bawal selanjutnya adalah ampas kelapa. Kandungan nutrisi pada ikan bawal terdiri dari 11,35% protein, total lemak mencapai 23,36%, dan serat galaktomanan.

Kamu bisa memberikannya dengan cara langsung ditebar di atas permukaan kolam atau difermentasi terlebih dulu. Apabila ingin difermentasi, kamu bisa mencampurkan ampas kelapa, pelet yang telah dihaluskan, tepung anji, dan air, lalu dibiarkan di udara terbuka selama 4-5 hari.

5. Pelet

Pelet bisa dijadikan makanan ikan bawal di semua jenis media budidaya ikan bawal, mulai dari kolam, tambak, sampai keramba. Bahkan, bisa dikatakan bahwa pelet merupakan pakan ikan bawal air tawar utama.

Ada beberapa tipe pakan ikan bawal, yakni tipe FF999, 781-SP, 781-2, dan 781. Berikan pelet secara merata pada permukaan kolam dengan rasio penebaran sesuai dengan berat dan bobot ikan bawal terbaru.

Kamu perlu melakukan pengukuran berat dan bobot pada sampling ikan bawal secara rutin untuk menentukan jumlah pakan yang disebar. Adapun estimasi banyaknya pakan untuk kolam budidaya seluas 100 m3 membutuhkan pakan ikan bawal sebanyak 5-10 kg dalam kondisi basah.

6. Suplemen

Terakhir yaitu suplemen. Suplemen bisa dijadikan makanan ikan bawal pendamping makanan utama yang bertujuan untuk memberikan booster kepada ikan bawal untuk meningkatkan nafsu makannya. Suplemen yang bisa diberikan untuk ikan bawal di antaranya madu, gula, atau susu yang dicampurkan dengan pelet.

Rasio pemberian suplemennya yakni 1 sendok makan madu atau 1 sendok makan gula atau 1 sendok makan susu kental manis yang dicampurkan dengan 1 kg pelet.

Itulah pembahasan mengenai jenis-jenis pakan ikan bawal agar ikan bawal budidaya kamu tumbuh besar dengan sehat. Semoga bermanfaat.

 

Related posts