Jenis-jenis Pakan Alami Untuk Ikan Lele Agar Cepat Besar dengan Sehat

Jenis-jenis Pakan Alami Untuk Ikan Lele Agar Cepat Besar dengan Sehat – Ikan Lele (Clarias sp.) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sudah dibudidayakan secara komersial oleh masyarakat Indonesia. Ikan lele memiliki prospek cukup cerah dan sangat potensial untuk dikembangkan di Indonesia.

Bila Anda berencana akan melakukan bisnis ternak ikan lele, Anda harus memperluas wawasan mengenai cara memelihara ikan lele dengan benar sehingga bisa mempercepat perkembangan ikan lele. Hal penting lainnya yang wajib kamu perhatikan juga yaitu pakan ikan lele.

Saat ini sudah banyak jenis pakan ikan lele yang bernutrisi dan dapat membantu pertumbuhan dari ikan lele agar lebih cepat. Beberapa pakan tersebut antara lain ikan rucah, belatung lalat, pelet ikan lele hingga bekicot. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat memberinya pakan alami dengan menanam tumbuhan eceng gondok di dalam kolam lele untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatannya.

Jika Anda belum mengetahui pakan alami ikan lele yang bernutrisi, Anda tidak perlu khawatir. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis pakan ikan lele alami agar ikan lele tumbuh besar dengan sehat. Yuk simak berikut pembahasannya.

Jenis-jenis Pakan Alami Untuk Ikan Lele Agar Cepat Besar dengan Sehat

1. Daun Pepaya

Jenis pakan alami untuk ikan lele yang pertama yaitu ada daun pepaya. Daun pepaya adalah salah satu jenis pakan alami ikan lele yang sangat mudah ditemukan dengan harga terjangkau.

Selain itu, daun pepaya mengandung zat yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh sehingga lele terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya. Daun pepaya juga dikenal efektif dalam menjaga kadar pH keasaman air kolam.

Ada 2 cara yang bisa Anda gunakan dalam pemberian daun pepaya untuk ikan lele. Cara yang pertama adalah dengan memberikan daun pepaya secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Dengan cara ini, Anda bisa langsung masukkan beberapa lembar daun pepaya ke dalam kolam lalu tunggu beberapa hari hingga daun ditumbuhi lumut.

Read More

Cara yang kedua adalah dengan memotongnya dengan halus serta mencampurkannya dengan air dan pelet. Setelah tercampur dengan rata, rebus dan aduk adonan tersebut hingga teksturnya berubah menjadi seperti bubur. Terakhir, bentuk adonan menjadi bulat-bulat sebelum disebarkan ke kolam ikan lele.

2. Batang Pisang

Jenis pakan alami untuk ikan lele yang kedua adalah batang pisang. Batang pohon pisang dapat diberikan kepada ikan lele jika lele sudah berusia 1-2 minggu. Untuk memudahkan pengolahannya, pertama potong potong batang pisang menjadi beberapa bagian. Setelah itu bersihkan zat lilin yang menempel dan masukkan ke kolam lele. Diamkan selama 2-3 hari, nantinya larva akan muncul dari batang pisang. Larva inilah yang nantinya akan menjadi makanan ikan lele.

3. Daun Talas

Jenis pakan alami ikan lele selanjutnya yaitu Anda dapat memberinya daun talas. Daun talas kaya akan energi, lemak, protein, dan karbohidrat yang bisa mempercepat pertumbuhan ikan lele. Selain itu, daun talas juga mengandung antioksidan tinggi yang mampu meningkatkan kualitas air kolam.

Sebelum diberikan ke ikan lele, daun talas perlu diolah terlebih dahulu. Pertama, siapkan beberapa lembar daun talas dan pisahkan daun dengan tangkainya. Agar mudah ditelan ikan lele, potong daun menjadi kecil. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bahan pakan lain, seperti tepung ikan, agar kandungan nutrisi pakan semakin lengkap.

4. Daun Singkong

Jenis pakan alami ikan lele yang keempat adalah daun singkong. Daun singkong mengandung banyak protein yang baik untuk pertumbuhan ikan lele. Daun singkong juga sangat mudah ditemukan dengan harga terjangkau.

Untuk memberikan daun singkong kepada ikan lele, Anda dapat mengolahnya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mencuci daun singkong hingga bersih. Lalu, rebus daun singkong hingga mendidih, tiriskan dengan cara diperas.

Setelah itu jemur daun singkong dibawah sinar matahari hingga kering. Lalu haluskan daun yang kering dengan blender. Terakhir, campur daun singkong yang sudah di blender dengan telur atau tepung hingga merata. Pakan sudah siap diberikan kepada ikan lele.

5. Kangkung

Jenis pakan alami ikan lele yang selanjutnya adalah kangkung. Dengan keberadaannya yang mudah ditemukan dan harganya yang sangat terjangkau, kangkung sudah sering dijadikan pakan pengganti pelet.

Pemberian kangkung pada lele bisa dilakukan secara langsung atau diolah terlebih dahulu. Kangkung biasanya diolah dengan tepung ikan untuk memperkuat aroma pakan agar nafsu makan lele semakin meningkat. Kandungan protein dan serat pada kangkung tergolong cukup tinggi sehingga sangat baik untuk perkembangan ikan lele.

6. Azolla Microphylla

Jenis pakan alami ikan lele yang terakhir adalah azolla microphylla. Azolla microphylla merupakan salah satu jenis tumbuhan paku yang banyak tumbuh di area sekitar rumah. Meski termasuk tumbuhan parasit, Azolla microphylla merupakan salah satu jenis pakan alternatif yang baik bagi pertumbuhan ikan. Namun, Azolla microphylla memiliki kandungan protein yang tergolong rendah sehingga hanya dapat dijadikan pakan selingan.

Dalam pemberiannya, Pembudidaya harus menerapkan trik khusus agar lele mau memakan tumbuhan ini. Pasalnya, lele tidak akan mau memakan tumbuhan paku ini jika Anda masih memberikan pelet dalam jangka waktu 24 jam. Maka dari itu, hindari pemberian pelet dalam jangka waktu 24 jam agar lele mau memakan azolla microphylla.

Itulah pembahasan mengenai jenis-jenis pakan alami ikan lele yang bernutrisi untuk pertumbuhan ikan lele. Semoga bermanfaat!

 

Related posts