Inilah 6 Manfaat Ikan Nila Untuk Pertumbuhan Si Kecil Yang Perlu Ibu Ketahui

Inilah Manfaat Ikan Nila Untuk Pertumbuhan Si Kecil – Ternyata ikan nila memiliki banyak manfaat untuk si kecil, lho.

Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan genus ikan yang dapat hidup dalam kondisi lingkungan yang memiliki toleransi tinggi terhadap kualitas air yang rendah, sering kali ditemukan hidup normal pada habitat-habitat yang ikan dari jenis lain tidak dapat hidup.
Selain itu, ikan nila menjadi salah satu makanan sehat dengan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Ikan ini mengandung vitamin A, protein, dan mineral penting seperti zat besi, kalsium, zink, omega-3, kalium, kalsium, fosfor, dan niasin.

Namun apakah Anda tahu? Ternyata ikan nila memiliki banyak manfaat lho, untuk si kecil. Karena ikan nila memiliki kandungan gizi. Itulah sebabnya, Ibu perlu memasukkan jenis ikan ini ke dalam menu harian si Kecil. Sebelum Ibu memberikannya kepada si Kecil, sebaik ibu mengenal terlebih dahulu manfaat ikan nila untuk si Kecil.

Nah, dalam artikel ini kita akan membahas mengenai manfaat ikan nila untuk si Kecil dan kandungan gizi yang ada pada ikan. Yuk, simak berikut penjelasannya.

Kandungan Gizi Ikan Nila

Berikut beberapa kandungan gizi ikan nila yang perlu Ibu ketahui:

  • Kalori: 128
  • Karbohidrat: 0 gram
  • Protein: 26 gram
  • Lemak : 3 gram
  • Vitamin B3: 24% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Vitamin B12: 31% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Fosfor : 20% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Selenium: 78% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Kalium: 20% dari rekomendasi konsumsi harian

Manfaat Ikan Nila Untuk Si Kecil

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat ikan nila untuk si kecil yang pertama adalah dapat menjaga kekebalan tubuh si Kecil. Selain protein yang terkandung didalamnya yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh, ikan nila juga mengandung selenium yang berperan dalam meningkatkan fungsi kognitif dan kesuburan. Penting sekali untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar anak terhidar dari infeksi akibat bakteri dan virus.

2. Menjaga Kesehatan Tulang si kecil

Read More

Manfaat ikan nila yang kedua adalah baik untuk kesehatan tulang si kecil, karena kandungan kalsiumnya. Selain untuk kesehatan tulang si Kecil, kalsium juga penting untuk menjaga proses pembekuan darah dan kesehatan otot, termasuk juga otot jantung.

Kalsium juga terkandung di dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ yang bisa memenuhi 25% kebutuhan harian kalsium si Kecil.

3. Sumber Protein Yang Sehat

Manfaat ikan nila untuk si Kecil ketiga adalah sebagai sumber protein yang sehat. Protein ikan nila bisa membuat anak merasa kenyang lebih lama. Selain itu, protein ikan nila juga berperan dalam berbagai fungsi penting di tubuh. Beberapa di antaranya adalah membantu penyembuhan jaringan yang rusak, berperan dalam pencernaan, serta menyeimbangkan kadar hormon di tubuh.

Kandungan protein juga bisa ditemukan dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ yang mengandung 5 g protein untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil.

4. Menjaga Kesehatan Otak si Kecil

Manfaat ikan nila untuk si Kecil yang keempat adalah dapat menjaga kesehatan otak si Kecil. Karena ikan nila mengandung asam lemak omega 3 yang dapat meningkatkan fungsi otak dan sistem saraf. Seperti dalam penelitian Journal Nutrients, National Cancer Institute menyebutkan bahwa asam lemak omega 3 dan selenium dalam ikan nila mampu memperkuat sel untuk mencegah munculnya risiko penyakit pada otak yang bisa berbahaya di masa mendatang.

5. Menambah Nafsu Makan si Kecil

Manfaat ikan nila untuk si Kecil yang kelima adalah dapat menambah nafsu makan si Kecil. Sebaiknya ibu mengetahui selera yang disukai oleh anak.

6. Mengandung Asam Lemak Yang Baik Untuk Tubuh si Kecil

Manfaat ikan nila yang terakhir untuk si Kecil adalah dapat mengandung asam lemak yang baik bagi tubuhnya. Yaitu, untuk menjaga kadar kolesterol, menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, serta imunitas tubuh anak. Kandungan asam lemak pada ikan nila memang tidak sebanyak ikan salmon, namun Mama tidak perlu khawatir karena asam lemak ikan nila cukup untuk menambah nutrisi harian anak.

Itulah 6 manfaat ikan nila bagi kesehatan tubuh si Kecil. Semoga bermanfaat!

 

 

Related posts