Inilah Tanda Ikan Cupang Anda Bahagia dan Senang

Ikan cupang adalah salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup.

Ikan cupang kini banyak dipelihara oleh banyak orang, terutama orang pecinta ikan hias. Hal itu karena Ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang paling populer. Mereka sangat disukai karena memiliki berbagai bentuk dan warna yang indah. Ada banyak sekali jenis ikan cupang yang biasanya diklasifikasikan menurut warna, corak dan jenis ekornya. Ikan cupang bisa belajar mengenali pemiliknya.

Namun, ikan cupang cenderung gampang stres. Jadi, sebagai pemelihara ikan cupang pastikan ikan cupang Anda selalu bahagia dan senang, ya. Jika Anda belum mengetahui ciri-ciri ikan cupang yang bahagia, Anda tidak perlu khawatir. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai tanda-tanda bahwa ikan cupang kesayangan Anda tetap bahagia dan senang. Yuk, simak berikut penjelasannya.

Tanda-tanda Ikan Cupang Bahagia dan Senang

1. Sarang Gelembung Ikan Cupang

Tanda pertama yaitu mereka membangung sarang gelembung. Ikan cupang jantan membuat sarang gelembung ketika mereka siap untuk kawin, dan seekor ikan hanya akan mengekspresikan perilaku naluriah ini jika mereka merasa aman dan nyaman.

Namun, jika Anda tidak melihat sarang gelembung di dalam akuarium, bukan berarti ikan cupang Anda tidak bahagia. Setiap ikan cupang jantan akan membuat sarang gelembung dengan frekuensi berbeda-beda, bisa setiap hari atau bahkan bisa setiap enam bulan sekali.

Adapun sebagian ikan cupang betina yang membuat sarang gelembung meski umumnya itu adalah perilaku cupang jantan.

2. Aktivitas Ikan Cupang Normal

Read More

Tanda selanjutnya yaitu aktivitas ikan cupang normal dan lincah berenang mengelilingi akuarium, hal itu menandakan bahwa ikan cupang kesayangan Anda bahagia dan senang.

Jika ikan cupang Anda terlihat lesu dan hanya berdiam di satu tempat, terutama di dasar akuarium, dan mengabaikan lingkungannya, ini pertanda ikan cupang Anda mungkin tidak sehat.

Sebaiknya Anda menyimpan tanaman atau mainan ikan di dalam akuarium, supaya ikan cupang tidak gampang bosan.

3. Perilaku Makan Cupang

Tanda yang ketiga yaitu dapat dilihat dari perilaku makan ikan cupang. Ikan cupang yang bahagia dan senang yang beradaptasi dengan baik akan mulai berenang ketika Anda datang ke akuarium untuk memberinya makan, terutama jika Anda memberi makan di tempat yang sama. Mereka juga akan dengan bersemangat bergerak ke arah makanan dan makan saat Anda menambahkannya ke akuarium.

Hal tersebut menandakan bahwa ikan cupang Anda senang dan bahagia.

4. Tidak Bersembunyi 

Tanda ikan cupang bahagia dan senang lainnya adalah ikan yang keluar-masuk akuariumnya dan mudah ditemukan setiap hari.

Jika Anda kesulitan menemukan ikan cupang di dalam tangki karena bersembunyi sepanjang waktu, ini menandakan bahwa ikan cupang Anda stres atau mungkin sakit. Meski ikan cupang senang menghabiskan waktu di ornamen yang memiliki tempat persembunyian, tidak boleh berada di dalamnya sepanjang waktu dan mengabaikan bagian lain dari tangki.

5. Warna Cerah

Tanda ikan cupang yang bahagia selanjutnya dapat dilihat dari warnanya. Ikan cupang yang bahagia mempunyai warna yang cerah dan sirip yang indah.

Sebaliknya, jika ikan cupang yang sakit dan stres punya warna yang terlihat kusam dan pudar. Selain itu, siripnya juga akan terlihat menggumpal dan lemas.

6. Ikan Cupang Berenang dengan Baik

Terakhir, Tanda ikan cupang yang bahagia akan berenang di sekitar akuarium mereka setiap hari. Terkadang mereka akan bergerak hampir dengan malas, dan di lain waktu mereka akan melayang dari sisi ke sisi dengan cepat. Jika ikan cupang Anda tampaknya tidak kesulitan dalam berenang dan tidak condong ke samping atau berjuang keras, hal itu menandakan bahwa ikan cupang Anda sehat dan bahagia.

Itulah tanda-tanda ikan cupang Anda hidup dengan bahagia, senang dan sehat. Ketika Anda memelihara ikan cupang, pastikan ikan cupang Anda bahagia, senang dan sehat, ya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

 

 

Related posts