JOIN NOW

Dainichi Showa – Legenda Inazuma Showa (Kato’s Showa)

dainichi showa - inazuma

Legenda Inazuma Showa – Dainichi SHowa

Seekor Koi yang sempat menjadi legenda adalah seekor Showa (pada gambar diatas) bukan sembarang koi.  Koi ini pernah sangat populer dengan sebutan ‘THE DAINICHI SHOWA‘. Koi ini sangat unik dan langka dan hingga sampai detik ini, masih sulit mencari tandingannya.

Pola dipunggungnya seperti halilintar (lightning) atau istilahnya Inazuma. Koi ini termasuk dalam varitas Showa Sanshoku. Sehingga orang menyebutnya Inazuma Showa.

Menyerupai Fenomena Alam

Dipunggungnya seperti terlukis fenomena alam, yaitu saat turun hujan, dimana ada halilintar yang membelah awan-awan hitam.  Pola hi yang berkelok-kelok (zig zag) itu menyerupai petir yang sedang menyambar, di antara awan hitam (pola sumi) yang bergelayut, disertai dengan rintik hujan (black spot). Benar-benar mewakili kondisi alam saat turun hujan lebat disertai petir yang menyambar.

dainichi showa inazuma
Masao kato

Pemiliknya adalah Masao Kato, dan koi ini pernah menjadi juara pada tahun 1991 yaitu pada acara kontes koi internasional yang diselenggarakan di Jepang, ZNA All Japan sebagai Grand Champion.

Kato’s Showa, sebagaimana dikenal orang, tidak seperti  biasanya para koi Grand Champion yang ukuran panjang badannya diatas 80 cm. Tapi koi ini meski berukuran 78 cm dan berusia 7 tahun mampu mempesona para juri dan bisa tampil sebagai Grand Champion.

Minoru Mano

Sebelumnya, di tahun yang sama koi ini juga berhasil menyabet gelar Grand Champion pada event Shinkokai All Japan Koi Show.

Koi ini berhasil mengalahkan 4.675 koi peserta kontes di ZNA All Japan Koi Show dan terbaik diantara 3.571 koi peserta kontes pada Shinkokai All Japan Koi Show. Mungkin ini satu-satunya koi yang berhasil menjadi Grand Champion pada 2 acara All Japan Koi Show di tahun yang sama.

Kato’s Showa adalah hasil budidaya koi yang dilakukan oleh Minoru Mano, dari Dainichi Koi Farm. Sebuah industri pembudidayaan Koi besar di Jepang yang sangat terkenal dan banyak sekali menempatkan koi hasil ternaknya menjadi juara pada acara kontes koi yang diselenggarakan di berbagai belahan dunia.

Informasi tentang Showa Sanshoku selengkapnya dapat dibaca pada artikel berikut ini :

 

Koi Showa Sanshoku – Informasi Lengkap Hanya di Gila Koi

Masao Kato
1922 – 2014
Selasa 27 Mei 2014

Dengan sangat sedih, masyarakat pecinta koi mendengar tentang meninggalnya salah satu duta Nishikigoi yang paling dihormati di dunia pada tanggal 27 Mei 2014. Kato-san terkenal di kalangan internasional sebagai tuan rumah yang murah hati. ‘Ikeage’-nya (Panen kolam lumpur) selalu dihadiri oleh undangan dari luar negeri dan dia telah menghadiri banyak Koi Show asing, baik sebagai juri atau tamu kehormatan.

Meskipun dia tidak bisa berbicara bahasa Inggris, tapi dia telah menjadi salah satu penasehat utama kebijakan luar negeri ZNA selama bertahun-tahun dan banyak dikenal  oleh para pemelihara koi dari Asia, Eropa, Afrika Selatan, dan Amerika.

Vincent Chiu, Ketua ZNA Taiwan District dengan lebih ringkas mengatakan, “Dia adalah Koikichi sejati, semua orang menyukainya”.

Profil Kato menunjukkan pencapaian dan pengalaman luar biasa sepanjang hidup yang dia bawa ke hobinya.

Lahir di Tochigi pada tanggal 3 Maret 1922, dan mendirikan Kato Industry Ltd pada tahun 1954. Ia memulai pemeliharaan koi sejak tahun 1955, menjadi Presiden Bab Tochigi pada tahun 1981 dan memenuhi syarat sebagai Hakim Bersertifikat ZNA pada tahun 1985.

Terpilih menjadi Dewan Direksi ZNA pada tahun 1989 ia akhirnya terpilih sebagai Wakil Ketua ZNA pada tahun 2000.

Keberhasilan memenangkan Shinkokai Grand Champion dua kali (1988 dan 1991) dan tiga ZNA All Japan Show Grand Champions pada tahun 1988, 1991 dan 2002.

Tak pernah terlupa pada  ZNA GC 1991, pada seekor Inazuma Showa. Ikan itu mengilhami orang Jerman dan Belanda untuk memasukkannya ke dalam lencana (pin) masyarakat mereka. KLAN Jerman telah menggunakannya di semua lencana mereka, baik Inter-Koi dan Piala Tetra, sementara Belanda memilihnya untuk lencana pertunjukan 2002.

RIP Masao Kato dan terima kasih atas semua yang Anda lakukan untuk hobi Koi di seluruh dunia!

Baca juga yang ini..

Jasa Salon Koi Untuk Mempercantik Pola Ikan Koi

Salon Hendy Banyak cara yang kerap dipakai pecinta dan pemelihara ikan koi agar bisa menang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.