JOIN NOW

Mengenal Gosanke Koi – “THE BIG THREE”

koi gosanke

Apa itu ‘The Big Three’?
Adalah 3 varietas yang paling populer diantara semua varietas koi yang ada. Orang Jepang menyebutnya ikan koi GOSANKE

Apa saja itu?
Kohaku, Sanke dan Showa
Mengapa mereka disebut ‘The Big Three’ ?
Sebab memang ketiga varitas koi tersebut sangatlah populer dikalangan pehobi koi di seluruh dunia.
Mari kita bertanya pada diri kita sendiri, bukankah ketiganya adalah yang paling kita kenal selama ini?
Koi Gosanke  dikenal selalu merajai arena kontes koi dimanapun diadakan.

Sebagai bukti lain yang mendukung popularitas koi Gosanke – The Big Three adalah bahwa hampir seluruh pemenang Kontes Koi International terutama di Jepang selama dasawarsa ini, yang terpilih sebagai Grand Champion adalah diantara ketiganya. Kalau tidak Kohaku, Sanke, pasti Showa.

Sebagai ilustrasi adalah data Grand Champion pada event ZNA International Koi Show sbb :
2005 : Kohaku
2007 : Kohaku
2008 : Sanke
2009 : Sanke
2010 : Kohaku
2011 : Kohaku
2012 : Kohaku
2013 : Kohaku
2014 : Showa

Tambahan Informasi :

Ada lebih dari 100 jenis ikan koi, dan, bagi penggemar baru dengan mata yang tidak terlatih, sangat luar biasa untuk mencoba membedakannya. Untungnya, kita bisa mulai dengan gosanke – tiga besar – yang indah namun sederhana untuk dipelajari.

Gosanke secara harfiah diterjemahkan menjadi “tiga keluarga” dalam bahasa Jepang, dan tidak digunakan secara unik dalam budaya koi. Ini hanya mengacu pada tiga hal yang paling populer atau dikagumi dalam sebuah grup. Dalam dunia ikan koi (lebih dikenal dengan sebutan nishikigoi di Jepang) yang gosanke adalah Kohaku, Taisho Sanshoku (Sanke) dan Showa Sanshoku (Showa). Tidak berlebihan jika varietas ini mewakili kebanyakan koi Jepang. Sejarah ikan koi adalah perpaduan yang indah antara sains dan legenda, dan saya akan segera berbagi lebih banyak dengan Anda.

Kohaku:

Dikatakan berulang kali bahwa itu dimulai dan diakhiri dengan Kohaku koi. Mereka adalah dasar untuk menilai semua varietas lainnya. Shiroji, atau tanah putih, seperti kanvas tempat polanya bisa bersinar. Idealnya, ini berwarna putih salju murni. Hai, atau warna merah, harus konsisten dan cerah. Kiwa, atau tepinya, harus tajam.
Keseimbangan pola merah dan putih adalah kuncinya. Pola melangkah dari kepala ke ekor adalah yang paling dihargai, dan lingkaran bundar di kepala selalu populer.

Taisho Sanke:

Sering disingkat menjadi “Sanke”, trah ini adalah yang paling langka dari ketiganya. Ia memiliki karakteristik merah dan putih dari Kohaku dengan taburan sumi halus (tanda hitam). Kata sumi mengacu pada tinta gelap kaligrafi, jadi tanda hitam lebih disukai dengan warna yang gelap. Keseimbangannya elegan dan sederhana. Karena Sanke koi lebih sulit berkembang biak, jika penilaiannya sedikit, kelangkaan varietas ini akan dipertimbangkan.

Showa:

Showa koi memiliki tiga warna Sanke, namun koi mereka bukanlah dasar putih dengan pasar gelap sederhana. Ini adalah basis yang lebih sumi (hitam) dengan pola dinamis dan kuat. Bintik tinta hitam tajam yang sederhana dari Sanke memberi jalan untuk apa yang tampak seperti sapuan kuas yang indah di sepanjang tubuh Showa. Saat ini Showa tampaknya menjadi yang paling populer dari ketiganya, dan telah memenangkan banyak kejuaraan. Ketika saya masih muda (20 tahun yang lalu) ini sebaliknya; Showa adalah yang paling langka dari ketiganya!

Selain menilai pola, dan bentuk tubuh, sebagai pembeli penting untuk mengetahui sejarah breeder. Dalam pengaturan pertunjukan, hal ini tidak akan diketahui atau dipertimbangkan, tetapi karena pemuliaan koi adalah seni yang hidup, mengetahui garis keturunan akan membantu Anda memahami bagaimana generasi mendatang akan muncul. Keluarga kami memiliki sejarah panjang dalam merawat dan memelihara koi yang indah, dan kami bangga dengan seni dan bisnis kami. Kami menyambut Anda untuk melihat koi Jepang impor kami untuk dijual, dan untuk membaca lebih lanjut tentang sejarah dan perawatan perhiasan hidup ini.

Sumber : Kodama Koi Farm

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.