Mengenal Gosanke , 3 Varitas Koi Paling Digemari

Istilah “Gosanke” di dunia koi adalah mengacu pada 3 (tiga) varietas utama yamg paling banyak digemari para pemelihara Koi yaitu : Kohaku, Taisho Sanshoku (Sanke) dan Showa Sanshoku (Showa).

Meskipun ada lebih dari 100 varietas Koi, namun ketiga varietas ini punya karakteristik yang berbeda dari yang lainnya, selain karena keunggulan, kesempurnaan, dan popularitasnya. Maka dari itu tak berlebihan jika kiranya ketiga varietas ini seringkali menjuarai berbagai Koi Show bahkan seringkali muncul sebagai peraih gelar Grand Champion.

Kata ‘Gosanke’ secara harfiah berarti “tiga keluarga” dalam bahasa Jepang. Namun faktanya, Gosanke bukanlah istilah unik untuk Koi. Istilah ini seringkali digunakan untuk merujuk pada “tiga besar”, atau tiga hal utama yang mewakili sebuah kelompok.

Secara historis, Gosanke merujuk pada keluarga bersejarah di Jepang yang berasal dari periode Edo (1603 – 1867), yaitu ketika kekaisaran Tokugawa, dimulai oleh Tokugawa Ieyasu yang kemudian memerintah negeri Sakura itu.

Selama era ini, putra tertua dari keluarga kaisar pada prinsipnya ingin mengambil alih posisi kaisar. Tetapi dalam kasus ini, bagaimanapun juga, keluarga kaisar Tokugawa tidak memiliki anak laki-laki yang bisa mengambil kursi kekaisaran di Jepang.  Owari, Kii dan Mito adalah tiga keluarga dari dinasti Tokugawa  yang diturunkan dari tiga putra Tokugawa Ieyasu dan ketiga keluarga itu juga disebut Gosanke.  Sejak saat itu, tiga orang dalam kelompok tersebut lebih penting dari yang lain dan populer disebut Gosanke di Jepang. Namun demikian,  Kohaku, Sanke dan Showa juga disebut Gosanke tetapi hanya di dunia Koi.

Kohaku

Kohaku

Hal yang cukup penting adalah mengetahui siapa pembudidaya (breeder) pada varitas Kohaku, sebab Koi adalah sebuah keindahan yang sedang tumbuh dan  penting untuk memprediksikan masa depannya. Dengan mengetahui breedernya, maka Kohaku yang dihasilkan dapat lebih mudah diketahui kualitasnya.

Seperti yang seringkan dikatakan oleh pepatah “Keeping Koi begins and ends with Kohaku” (Memelihara dimulai dengan Kohaku dan diakhiri juga dengan Kohaku.” Maksudnya adalah bahwa Kohaku adalah dasar dari setiap varietas koi.

Ada empat hal yang perlu dijadikan pertimbngan pada Kohaku yaitu : bentuk badan , kualitas warna, pola dan pembiakan.

Bentuk badan adalah faktor terpenting dalam menilai kualitas Koi. Meskipun tidak masalah jika Koi masih kecil, namun setelah mereka dewasa, bentuk badan akan membuat perbedaan besar dalam menilai keindahannya. Bentuk badan Koi yang ideal seringkali digambarkan sebagai batang pohon, dengan kepala besar, badan kuat, dan ruas ekor tebal.

Dalam menilai kualitas, pastikan untuk memeriksa shiroji (putih), hi (merah) dan kiwa.  Shiroji atau white ground, ibarat kanvas sebuah karya lukisan seni. Putih yang seputih salju adalah warna yang ideal. Hi atau warna merah, harus padat dan merata. Kiwa, atau tepian warnanya, harus jelas dan tajam.

Keseimbangan pola merah dan putih juga sangat penting. Pola Hi harus dimulai di bagian kepala, menjalar ke punggung dan berakhir sebelum pangkal ekor. Pola warna merah idelnya berhenti tepat sebelum pangkal ekor atau  disebut odome. Bagaimana hi yang berhenti pada titik itu sangat penting.

Terakhir, pemeriksaan breeder sangat penting, terutama pada varietas Kohaku. Karena koi adalah keindahan yang tumbuh, penting untuk membayangkan masa depannya. Apa yang terlihat cantik sekarang tidak menjamin kecantikannya di masa depan. Mengetahui siapa peternak (breeder), mungkin adalah kunci terbesar untuk memperoleh Koi yang bagus dimasa depan (tategoi). Hanya karena Koi import dari Jepang saja tidak lagi cukup. Anda harus pula mengetahui siapa breeder-nya.

Taisho Sanke & Showa

Sanke

Taisho Sanke mengacu pada Koi tiga warna atau agar lebih memudahkan yaitu Kohaku dengan bintik sumi (hitam) atau pola bekko.

Taisho Showa sebagai perbandingan, adalah koi tiga warna dengan pola sumi atau Shiro Utsuri yang dinamis.

Karena Sanke adalah Kohaku dengan bintik-bintik sumi, pertama-tama yang perlu duperiksa adalah karakter Kohakunya. Periksa bentuk badan, kualitas dan polanya. Meskipun pola juga penting di Showa, namun tidak sepenting saat menilai kualitas pola Kohaku yang sempurna pada  Sanke. Kualitas dan letak sumi menentukan keunggulan Sanke.

Istilah “sumi” aslinya berasal dari kaligrafi, mengacu pada tinta hitam.  Jadi kualitas warna sumi harus setebal dan sedalam tinta hitam. Letak sumi sangat rumit namun harus tetap seimbang dengan pola hi.

Showa

Pada Showa, sumi berkembang secara masif dan dinamis. Sumi juga penting  agar tampak seimbang

Garis keturunan (bloodline) juga sangat penting untuk menilai kualitas Sanke atau Showa. Jika tidak ada garis keturunan yang baik dari seekor Koi maka tidak akan ada masa depannya.

Tentang Doni Bastian

Admin situs GilaKoi.com dan penulis Buku GILA KOI - Pedoman Cara Memelihara Koi dan Apresiasi - 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat