Jangan Terkecoh Warna Merah (hi) Yang Pekat Pada Kohaku Tosai

 

kohaku tosai

Menilai kualitas warna adalah bagian penting yang perlu diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk membeli Koi.  Bagi yang telah cukup berpengalaman dalam memelihara Koi, menilai kualitas warna dapat dilakukan dengan cepat, bahkan sepintas saja akan dapat diketahui,  mana Koi yang berkualitas dan mana yang tidak.

Di dalam sebuah kelompok ikan Koi, biasanya Koi yang berkualitas akan sangat menonjol penampilannya dibandingkan dengan Koi-koi lainnya. Meskipun  berada di antara ratusan Koi lainnya, Koi yang berkualitas tinggi cukup mudah untuk dikatahui keberadaannya.

Berikut ini adalah tips dan trik dalam memilih Kohaku Tosai, hal ini sangat berguna terutama bagi anda yang ingin membeli Koi dengan kualitas terbaik diantara puluhan atau bahkan ratusan Koi yang tersedia di kolam penjual.

Warna Merah (Hi)

Hal pertama yang selalu menarik perhatian anda ketika membeli Koi biasanya adalah kualitas warna hi dari Kohaku. Terlepas dari jenis varitas apapun, warna Koi memang sangat penting untuk dijadikan bahan pertimbangan.

Namun demikian, banyak para pemelihara yang seringkali keliru dalam memilih kualitas warna ‘hi’ karena hanya berdasarkan warna yang cemerlang semata.

Kasus yang seringkali terjadi adalah pada varitas Kohaku. Khusus untuk Kohaku yang berukuran masih kecil atau dibawah 25 cm, maka penampilan  yang cerah dan pekat pada warna merah (Hi) seringkali membuat pembeli terpesona karena kepekatan atau ketajaman warnanya.

Untuk diketahui bahwa Koi yang berukuran 25 cm, biasanya berumur beberapa bulan atau kurang dari 1 tahun. Koi yang berumur dibawah 1 tahun ini dikenal dengan Tosai.

Warna merah  (hi) yang tampak sudah sangat pekat dan cemerlang pada Kohaku yang masih kecil,  tidak menjamin kualitasnya di masa depan.

Warna Hi yang pekat pada Kohaku yang masih kecil ukurannya, maka kemungkinan yang terjadi adalah :

1. Koi tua

Maksudnya Koi tua adalah Koi yang sudah berumur tapi ukurannya tetap kecil atau Koi yang memiliki pertumbuhan lambat. Koi yang sudah tua, tapi ukurannya tetap kecil, akan sangat sulit menjadi besar. Karena sudah tua, maka  warna merah (hi) sudah cukup pekat (finished).

Namun demikian, bukan berarti bahwa semua Kohaku yang berukuran kecil dengan warna merah yang pekat maka itu bisa dipastikan itu adalah Koi tua. Memang ada juga Koi kecil yang warna merahnya pekat, karena berasal dari pasangan induk yang bagus, tapi ini cukup jarang ditemukan.

Warna merah (hi) pada Kohaku akan terus berkembang seiring pertambahan umur Koi. Biasanya setelah berumur 3 tahun, warnah merah (hi) pada kohaku dapat tampil sempurna.  Justru Kohaku yang bagus masa depannya (Tategoi), maka warna merah (hi) masih belum cukup pekat atau terkesan oranye.

Banyak pembeli yang tak menyadari bahwa Koi kecil yang dibeli dengan warna merah yang pekat, namun ternyata setelah dipelihara berbulan-bulan,  terkesan tetap pendek atau sangat lambat pertumbuhannya. Bisa jadi memang itu adalah Koi yang sudah tua, namun lambat pertumbuhannya.

2. Koi Jantan

Kohaku yang memiliki warna merah (hi)  yang cerah dan cemerlang, biasanya adalah Koi jantan. Oleh sebab itu  jika anda berniat ingin membeli Koi Kohaku betina dengan ukuran kecil (Tosai), jangan keliru hanya karena warnanya yang memikat.

Namun demikian, bukan berarti semua Kohaku tosai dengan hi yang pekat, lalu dipastikan itu adalah Koi jantan. Ada pula Kohaku betina yang memiliki hi yang pekat sejak masih kecil, namun sangat jarang ditemukan.

Saran

Lalu bagaimana cara mengetaui kualitas warna merah (hi) pada Kohaku Tosai?

1.  Kiwa

Yang pertama-tama diperhatikan pada warna merah atau (hi) adalah yang memiliki warna merah yang cenderung keunguan bukan yang kekuningan. Kemudian perhatikan Kiwa. Kiwa adalah batas antara warna merah (hi) dan putih (shiroji). Kualitas hi yang bagus pada Kohaku adalah yang memiliki Kiwa yang tegas dan jelas. Maksudnya, pada bagian pinggir, batasnya tegas atau tidak ada gradasi warna.

kohaku tosai

Keterangan :  a. Kiwa yang tegas (jelas).  b. Kiwa yang memiliki gradasi

2. Warna ‘hi’ yang padat

Yang kedua adalah warana hi yang padat, maksudnya adalah tidak ada ada bagian warna hi yang belang-belang atau blur. Amati dari jarak dekat, agar dapat dipastikan warna hi padat dan merata.

Demikianlah semoga bermanfaat,,

Untuk mengatahui lebih detail bagaimana mengetahui kualitas koi dapat dibaca pada artikel berikut ini :

Cara Menilai Kualitas Pola dan Warna Koi

Tentang Doni Bastian

Admin situs GilaKoi.com dan penulis Buku GILA KOI - Pedoman Cara Memelihara Koi dan Apresiasi - 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat