Shiro Utsuri Ini Panjangnya 1 Meter

Shiro Utsuri adalah jenis varitas koi yang mana hanya memiliki 2 warna yaitu hitam dan putih. Seperti namanya ‘utsuri‘ yang berarti ‘reflection‘ atau pantulan, dan ‘shiro‘ yang berarti ‘putih’ dalam bahasa Jepang, maka penampilan koi ini mirip pola pada papan catur.

Sebagai tambahan informasi, di dalam keluarga Utsuri dikenal beberapa varian selain Shiro Utsuri yaitu Ki Utsuri dengan warna dasar kuning dan Hi Utsuri dengan warna merah. Sedangkan Utsuri yang memiliki warna metalik, ada Kin Ki Utsuri, Kin Hi Utsuri dan Gin Shiro, namun jenis utsuri metalik ini cukup langka atau sulit diperoleh.

shiro utsuri

Ikan Koi yang berukuran besar biasanya di dominasi oleh koi jenis ogon atau kawarimono seperti Chagoi dll. Dan di berbagai kontes Koi (Koi Show), biasanya yang tampil sebagai pemenang Grand Champion dengan ukuran besar (jumbo) berasal dari kategori Gosanke yaitu Kohaku, Sanke dan Showa. Sedangkan untuk jenis Utsuri Jumbo masih jarang sekali ditemukan.

Ada seekor Koi jenis Shiro Utsuri yang berukuran super besar. Jika diperhatikan dari gambarnya, banyak yang tidak menyangka  bahwa  Koi Shiro Utsuri ini panjangnya 100 cm :

koi shiro Utsuri
Shiro Utsuri dengan panjang 100 cm. milik Yap Thiam Hoi (Malaysia)

Pemiliknya adalah seorang pehobi berat koi asal Malaysia yaitu Yap Thiam Hoi. Dia menjelaskan bahwa koi tersebut berumur sekitar 10 tahun.

Koi berjenis kelamin betina (female) tersebut berasal breeder Omosako Farm Japan yang dibelinya 8 tahun yang lalu. Pada saat itu, umurnya baru 2 tahun dengan panjang 50 cm sebagaimana tampak pada data di sertifikat berikut ini :

koi shiro utsuri


Pemenang GRAND CHAMPION

Koi Utsuri ini sempat tampil di acara ‘ASIA CUP KOI SHOW pada 19-18 Mei 2019 di Malaysia dan berhasil memenangkan gelar Grand Champion B (Non Gosanke). Pemiliknya berharap bahwa koi ini  masih bisa tumbuh lebih besar lagi, sebab sesuai pengamatannya dari bulan ke bulan ukurannya terus bertambah panjang.

Demikianlah sekelumit kisah tentang seekor Koi Shiro Utsuri yang dimiliki oleh pehobi dari Malaysia. Informasi lengkap tentang Shiro Utsuri dapat dibaca pada artikel berikut ini :

Mengenal Lebih Jauh Koi Utsuri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BUKU BARU .. !Terbit Juli 2020

BUKU 'DOKTER KOI'

Informasi lengkap tentang jenis penyakit dan cara pengobatan.

Lihat
WhatsApp chat