Fukurin

Apa itu Fukurin?

Fukurin, atau Fucurin, ada pula yang menyebutnya Fukarin terdiri dari 2  kata dalam bahasa Jepang, yaitu ‘Fuku’ yang berarti ‘menutupi’ atau ‘membungkus’ dan  kata ‘rin’ yang artinya sisik.  Jadi, Fukurin adalah kutikula kulit yang muncul berupa garis atau cincin yang mengelilingi sisik koi.

Fucurin berada di bawah sisik koi. Sesungguhnya sudah ada sejak koi masih kecil, namun belum tampak, sebab jarak antar sisik koi masih rapat. Seiring dengan pertambahan umur koi, maka jarak antar sisik semakin melebar, sehingga Fukurin makin mudah terlihat.

Biasanya Fukarin mulai tampak jika koi sudah berumur lebih dari 5 tahun. Semakin tua umur koi, maka semakin terlihat fukurin mengelilingi sisiknya. Dengan adanya Fukurin, maka keindahan warna koi menjadi sempurna.

Semua jenis koi memiliki fukarin, namun yang paling paling jelas terlihat pada varitas Hikarimono, sebab tampak berkilau dan mengkilat seperti warna logam. Selain itu Fukurin sangat diperlukan untuk menambah keindahan pada koi jenis Kohaku dan Sanke. Fukurin yang ada pada koi jenis Gin Rin agak tersamar karena keberadaan sisik gin rin.

Tipe Fukurin

Tipe 1

Tipe 1 ini terjadi ketika lapisan kulit tengah (nanshitsu shimpi) tumbuh ke permukaan pada skala yang berdekatan, terlihat sebagai kulit di sekitar sisik. Karena kulit dan kerak memantulkan cahaya secara berbeda, maka terlihat tampilan seperti jaring.

Ada banyak varietas dengan Tipe 1, seperti Ogon juga Kujaku, Ochiba Chigure, dan Matsuba. Fukurin Tipe 1 juga dapat terjadi pada Kohaku, Sanke (terutama Matsunosuke-Sanke) dan Showa.

Tipe 2

Tipe 2 terbentuk ketika kulit bagian atas tumbuh di luar tepi sisika yang berdekatan dan kulit bagian atas sisik ini tumbuh di atas atau terletak di sebelahnya. Jenis ini cukup langka dan sangat dihargai.

Gambar diatas adalah Yamato, seekor koi Kohaku dari Sakai Koi Farm, yang menunjukkan secara khusus pada shiroji (putih) bahwa sisik-sisik itu seolah dikelilingi oleh pola seperti jaring. Itulah Fucurin.

Jelas terlihat pada koi jenis ogon yaitu koi yang memiliki warna polos sebagaimana gambar di bawah ini :

fukurin pada platinum

Fucurin kadangkala sudah tampak pada koi tosai (umur 1 tahun), tetapi ini hanya pengecualian. Biasanya lebih mudah dilihat pada koi-koi besar.

fukurin pada asagi
Pada Asagi

Fukurin
Pada Sanke.

Video berikut adalah Kohaku pemenang Grand Champion pada 44th All Japan Koi Show 1993.

 

Sumber : koi-ontwikkeling.info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp chat