Home / Apresiasi / Koi Bagus Tentu Mahal, Koi Mahal Belum Tentu Bagus

Koi Bagus Tentu Mahal, Koi Mahal Belum Tentu Bagus

Koi bukanlah sekadar ikan hias sebagai penghuni kolam. Tapi lebih jauh, koi adalah seni. Memelihara koi, tidak seperti hobi lainnya, sebab selain memerlukan pengetahuan yang benar dalam merawat dan juga cara menilai kualitas (apresiasi).

Namun demikian, tergantung dari pehobi sendiri, sejauh mana intensitasnya dalam menekuni hobi menarik ini. Ada yang sebatas ingin memiliki ikan koi sebagai hewan peliharaan, ada pula yang sangat serius hingga berani mengeluarkan biaya sangat besar hanya untuk membangun sebuah kolam dan membeli koi dengan kualitas tinggi.

Terlepas dari itu semua, para pemelihara koi, seringkali mengalami kerancuan dalam memahami kualitas dan harga koi. Terutama bagi para pemula (newbies), yang belum banyak punya pengalaman dalam memelihara koi, mereka pikir jika koi harganya mahal, pasti kualitasnya bagus. Padahal belum tentu !

Begini analisisnya..

Untuk menilai koi dengan baik dan benar, syarat utamanya adalah telah memiliki cukup pengalaman. Sebab kualitas koi yang baik secara obyektif adalah sesuai dengan apresiasi yang dilakukan oleh para experts. Expert (ahli) disini maksudnya adalah orang2 yang memang sudah punya segudang pengalaman dalam menilai kualitas koi.

Jadi, koi yang benar2 bagus, harus memperoleh penilaian yang baik dari kalangan para eksperts. Siapa saja para expert itu? Mereka antara lain adalah para jurui kontes koi, para penjual koi (dealer) yang sudah cukup berpengalaman, para pehobi yang sudah lama memelihara koi, para breeder senior dll).

Untuk menjadi seorang ekspert, dibutuhkan waktu yang cukup lama, setidaknya lebih dari 10 tahun dalam berkecimpung dalam dunia koi. Oleh sebab itulah maka semua juri dalam suati kontes koi (koi show) harus punya pengalaman atau jam terbang yang tinggi. Makin tinggi jam terbang, makin mumpuni dalam menilai koi.

Koi yang bagus, maksudnya yang memang dinilai bagus oleh para eksperts, sudah pasti harganya mahal atau setidaknya jauh diatas harga standar pada ukuran dan varitas tertentu. Koi yang bagus diantaranya memperoleh apresiasi setelah mengikuti kontes koi dan dinyatakan sebagai pememang pada kategori tertentu. Oleh karena itulah, jika ada koi yang memenangkan suatu kontes, maka harganya akan selangit, tergantung seberapa besar even Koi Show. Apalagi jika Koi Show yang diikuti bertaraf international, seperti yang dilaksanakan di Jepang. Koi yang berhasil tampil sebagai pemenang pada kontes koi (koi Show), tentu akan menjadi suatu kebanggaan bagi pemiliknya. .

Nah jika koi yang bagus harganya pasti mahal, tapi jangan dibalik. Sebab koi yang mahal belum tentu bagus. Sebab penetapan harga koi itu tergantung penualnya bukan?

Nah disinilah masalahnya. Penjual dengan bebas menetapkan harga sesuai keinginannya. Sekarang tergantung pembelinya. Jika pembeli merasa cocok, maka akan terjadi transaksi jual beli.

Banyak sekali terjadi suatu transaksi jual beli koi, yang mana harga jual yang reltif tinggi namun tidak didukung dengan kualitasnya.

Maksudnya begini. Jika anda berbelanja koi, dan koi tersebut tidak memiliki sertifikat apapun, maka anda harus benar2 mampu menyesuaikan antara kualitas dan harganya. Jika anda tak punya kemampuan menilai kualitas koi, maka bisa saja terjadi, anda membeli dengan harga yang terlampau tinggi untuk kualitas koi yang tidak sesuai.

Bagaimana anda tau, bahwa harga koi anda sesuai dengan kualitasnya? Mudah saja, coba tanyakan kepada teman2 dekat anda yang sudah punya pengalaman dalam menilai kualitas koi. Apa pendapatnya? Apakah koi anda harganya pantas, murah atau terlalu mahal.

Kesimpulan akhir baru anda dapatkan setelah anda memperoleh masukan dari banyak teman anda. Jika rata2 berpendapat bahwa koi anda bagus, maka wajarlah jika harganya mahal.

Tapi tingkat kemahalan juga musti diukur. Jika kelewat mahal, maka kembali pada anda sendiri, Jika sesuai dengan kepuasan anda, maka meski semahal apapun jika sebanding dengan keinginann anda, maka, anda tentu akan tetap merasa puas dan senang.

Demikianlah semoga bermanfaat..

#donibastian

Telah dibaca 211 x, hari ini 1 x
BUKU GILA KOI

BUKU GILA KOI + CD E-book

Cara Memelihara Koi dan Apresiasi

Hard Cover dan Soft Cover

Beli Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

KOI POND FESTIVAL 2019Festival Kolam Koi

Ikuti Lomba Kolam Koi "KOI POND FESTIVAL 2019"

Berhadiah Uang Tunai Jutaan Rupiah

Syarat dan Ketentuan
WhatsApp chat