Ikan Koi Termahal di Dunia, S Legend Harganya Rp. 27 Miliar

Ikan Koi Termahal di Dunia

Koi seharga ¥ 203.000.000 atau setara Rp. 27 Miliar

S  LEGEND adalah nama seekor Ikan Koi  termahal saat ini. Koi dari jenis Kohaku ini telah mengguncang dunia setelah terjual dengan harga yang sangat fantastis ¥ 203.000.000 atau setara hampir Rp. 27 Miliar.

Koi  dengan  panjang 101 cm, namun baru berumur 9 tahun. Memiliki garis keturunan (blood line) dari  Neo Universe,  hasil budidaya yang dilakukan oleh SAKAI FISH FARM Jepang.

Wajar saja jika S-Legend berhasil terjual dengan harga super mahal, sebab dari kualitasnya tak perlu diragukan lagi dan terbukti dari prestasinya yang seringkali menggondol gelar GRAND CHAMPION  di berbagai  acara Kontes Koi (Koi Show) di Jepang.

Pememang Lelang Koi seharga 203 Juta Yen adalah Miss Ying-Ying dari Taiwan (sebelah kanan)

Kisah Tentang S-Legend

Pemilik Koi termahal di dunia ini adalah Mr. Daishiro Shirasaka yang memberi nama  ‘S Legend‘. Huruf  ‘S’ diambil dari ‘Sakai’ dan ‘Shirasaka’.

S Legend kemudian berhasil menjadi Grand Champion (GC) pada  acara ZNA International Koi ke-52 pada tahun 2016 dan setahun kemudian juga meraih GC pada acara All Japan Koi Show ke-48.

S Legend – 97 cm, ketika mememenangkan Grand Champion pada All Japan Koi Show 2017.

 

S Legend ikan koi termahal
S Legend meraih gelar Grand Champion pada All Japan Koi Show ke-48 tahun 2017. Pemiliknya Mr. Daishiro Shirasaka (memegang bagian Kepala Koi) dan di sebelah kirinya adalah Kentaro Sakai (Pemilik Sakai Fish Farm)
ikan koi termahal
S Legend, Koi termahal di dunia

Kisah ini dituturkan secara langsung oleh Kentaro Sakai (pemilik Sakai Fish Farm) melalui wawancara ketika S-Legend baru saja meraih gelar Grand Champion pada acara All Japan Koi Show ke-48 pada 3 Februari tahun lalu.

Berikut ini rangkumannya :

Ikan Koi Termahal

Kentaro Sakai – Pemilik Sakai Fish Farm (SFF)

Wawancara dengan Kentaro Sakai

Bagaimana awalnya?

Saya masih ingat ketika  Mr. Daishiro Shirasaka membeli seekor Kohaku yang berumur sekitar 1 tahun (tosai). Sejujurnya, waktu itu saya tak pernah menyangka jika Koi ini nantinya bisa menjadi lebih bagus, sebab warna merah (hi) masih terlihat  pudar dan kepalanya terlihat lebih besar dibandingkan punggungnya.

Tapi ternyata pertumbuhannya sangat cepat  dari 60 ke 74 cm pada umur 3 tahun. Saya mulai menyadari bahwa koi ini sungguh berbeda dengan yang lainnya. Setelah itu dia terus tumbuh besar dan makin memperlihatkan kualitasnya. Memang hal biasa jika ada seekor koi yang masih kecil tampak kurang meyakinkan, tapi setelah 3 tahun, baru terlihat bagus. Waktu itu harganya tidak mahal, tapi jujur saya tidak pernah menyangka bahwa dia akan meraih gelar Grand Champion.

Apakah sulit untuk bisa meramalkan seekor Koi nantinya bisa meraih Grand Champion?.

Ya sangat sulit. Sayapun hanya sebatas memprediksi  tapi tidak selalu benar.

Hal apa yang paling penting agar Koi bisa jadi Juara?

Hal yang paling penting adalah bloodline (garis keturunan)  terutama kombinasi bloodline dari pasangan induknya. Jika kombinasinya kurang bagus, maka peranakannyapun  juga kurang maksimal kualitasnya. Warnanya bisa pudar atau hilang, meskipun diberi pakan yang bagus.

Apakah dengan kombinasi blood line yang baik , maka peranakan koi yang dihasilkan juga bagus karena pakan dan cara pemeliharaan yang baik?

Ya, begitulah.

Bisa diceritakan perihal pasangan induknya?

Female Oyagoi (Induk betina) adalah Neo universe dan Koi Male (Induk Jantan) dari Tomahawk. Neo Universe dari  Beauty Rose, dan Tomahowk dari Donguri. Keduanya tidak memiliki pertalian darah yang kuat , maka dari itu saya pilih untuk dipijahkan.  Kualitas Beni pada S Legend sangat mirip Neo Universe.

Pasangan Induk dari S Legend

Kondisinya sangat bagus ketika tampil di All Japan Koi Show, dan bahkan memperoleh  suara   50 : 0. Ini pertamakalinya dalam sejarah ZNA Koi Show, ada suara bulat dari seluruh juri untuk memilih GC pada S Legend.

Sebagai breeder, menurut anda apa yang paling bagus dari S Legend?

Saya rasa dia superior pada pertumbuhannya. Pada umur 7 tahun sudah 97 cm. Koi dengan panjang 97 cm pada umur 7 tahun, adalah rekor baru sepanjang sejarah Sakai Fish Farm. Saya yakin dia masih bisa tumbuh lebih panjang lagi.

Target anda?

Target saya sekarang, akan mengikutsertakan S Legend  pada acara Japan Koi show tahun 2019 nanti. 

Demikianlah kisah tentang ikan koi termahal di dunia dn berikut ini adalah informasi tentang Koi yang harganya selangit.

Ikan Koi Mahal Lainnya

Koi dikenal sebagai ikan hias terindah yang pernah ada. Tak heran bila ada yang menyebutnya dengan “The Living Jewels” atau “Permata Hidup”.

Mengapa disebut “Permata Hidup” sebab memang koi sebagai makhluk hidup memiliki keindahan yang setara dengan indahnya batu permata. Oleh sebab itu untuk koi yang benar-benar berkualitas tinggi, para pecinta koi yang berduit, berani membelinya dengan harga selangit.

Berikut ini adalah beberapa koi yang bisa membuat anda geleng-geleng kepala bila tahu seberapa mahal harganya :

1. Ginrin Showa

koi termahalSeekor Ginrin Showa dengan panjang 76 cm  yang memenangkan acara kontes koi di Jepang pada tahun 1976 , 1977, 1979 dan 1980, telah terjual dua tahun kemudian dengan harga fantastis yaitu senilai ¥ 17.000.000 atau setara Rp. 425 Juta (kurs Yen waktu itu Rp. 25,- per 1 Rupiah).

Bila di nilai sekarang setara hampir Rp. 1,8 Milyar. Pembelinya adalah Derry Evans ( UK ) , pemilik Kent Koi Centre dekat Sevenoaks , Inggris. Namun sayang, Koi yang telah berusia 15 tahun itu telah mati 5 bulan kemudian.

2. Blue Showa

ikan koi termahal

Tanggal 22 April 2014, di Farm Dainichi Koi telah dilaksanakan lelang tahunan ke-6 yang mereka diadakan. Lelang ini sangat terkenal, sebab para peserta lelang berani menawar dengan harga tinggi untuk koi berkualitas.  Yang paling mahal yang pernah dijual secara lelang untuk koi Tosai adalah ‘BlueShowa!

Showa ini memiliki panjang sekitar 40 cm dan terjual dengan harga ¥ 7.000.000 atau setara Rp. 700 Juta untuk seekor koi yang belum genap setahun umurnya. Koi tersebut berasal dari Narita Koi Farms dan pembelinya adalah Koikichi Fish Farm (dari Thailand).

3. Sansai Sanke

ikan koi termahal

Sanke diatas berumur 3 tahun, telah dilelang di Sakai Fish Farm Jepang. Koi dengan panjang 71 cm itu terjual dengan harga ¥ 1.000.000 atau setara Rp. 100 Juta Rupiah

4. Dainichi Showa

ikan koi showa termahal

27 November 2013, telah diadakan acara lelang di Dainichi Koi Farm. Seekor Nisai Showa yang sangat indah terjual dengan harga ¥ 21.500.000 atau setara Rp. 2,4 M. Showa tersebut adalah keturunan dari Oyagoi :Gacchami”. 

5. Maruten Kohaku

maruten kohakumaruten kohaku 2

9 November 2010, pada acara lelang di Niigata Jepang, Kohaku Dainichi Female, 63 cm, sansai, Bloodline XJR, telah terjual dengan harga ¥  11.000.000,- sekitar Rp. 1,1 M.

maruten kohaku 3
Suasana Lelang Niigata breeder’s Jepang
maruten kohaku 4
Maruten Kohaku seharga 11 Juta Yen

Mengapa Harganya Mahal?

Koi bukanlah sekadar ikan peliharaan semata, namun sudah menjadi bagian hidup dari keluarga, terutama bagi kalangan yang sudah tergila-gila dengan ikan koi. Para pehobi berat ini populer dengan sebutan ‘Koi Kichi’ (Koi Crazy) atau ‘Gila Koi’.

Jika seorang pehobi sudah menjadi pe-Gila Koi, maka apa yang dilakukannya terhadap ikan koi terkadang sangat sulit bisa diterima dengan akal sehat. Sebagaimana kisah diatas, yang mana seorang ‘koi kichi’ berani membeli dengan harga sampai setara miliaran rupiah hanya untuk seekor koi.

Pehobi berat ini biasanya dari kalangan orang-orang kaya raya, yang sama sekali tak peduli mengeluarkan uang hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya hanya untuk merawat koi-koi kesayangan. Mereka rela membangun kolam koi lengkap dengan sistem filter yang canggih demi untuk menjaga kualitas air agar koi peliharaan mereka bisa tetap hidup dengan baik dan selalu sehat. Biaya pembuatan sebuah kolam koi pun juga tak murah.

Koi adalah Seni

Koi bukanlah sekadar ikan hias, namun telah menjadi sebuah seni. Oleh sebab itu dalam menilai keindahan koi sangat relatif tergantung masing-masing individu.. Namun demikian, dalam menilai kualitas koi (apresiasi koi) ada aturan tertentu sebagai ukurannya antara lain dari kualitas warna, pola dan bentuk badannya.

Sulit Memperoleh Koi Bagus

Koi yang sangat bagus dan indah sangat sulit didapat. Sebab dari hasil pemijahan koi yang mana terdiri dari puluhan ribu bahkan ratusan ribu burayak koi, belum tentu bisa diperoleh seekor koipun yang memilki kualitas tinggi dengan harga mahal. Sebab untuk memperoleh koi berkualitas tinggi tergantung banyak faktor antara lain kualitas induk betina dan jantan, metoda pemijahan, proses seleksi burayak, kualitas pakan, teknik pemeliharaan dll.

Unik

Tak ada satupun koi yang sama persis (baik warna maupun polanya) dengan koi lainnya. Meski sepintas kelihatannya sama, tapi jika diamati lebih jauh, tentu ada saja perbedaan. Jadi keberadaa seekor koi sangat eksklusif, dalam arti tak ada satupun koi lain yang menyamainya.

Menjadi Kebanggaan

Kualitas Koi juga bisa diperlombakan dalam acara Kontes Koi (Koi Show). Di Indonesia sendiri juga sudah sangat sering diadakan acara kontes koi, baik di Jakarta maupun di daerah lainnya. Jika seekor koi bisa tampil sebagai pemenang (juara kontes) tentu akan membuat pemiliknya bangga.

Disisi lain, harga koi yang pernah tampil sebagai juara kontes akan menjadi mahal, sebab telah memperoleh pengakuan dari para juri terhadap kualitas koi tersebut.

Umur Panjang

Koi termasuk binatang yang umurnya panjang, bahkan konon dijepang pernah ada koi yang umurnya hingga ratusan tahun. Namanya Hanako. Baca kisah Hanako berikut ini :

Berumur 226 Tahun !!.. Hanako Koi Tertua di Dunia

Itulah mengapa ada ikan koi yang harganya selangit dan menjadi ikan koi termahal di dunia, hanya orang-orang tertentu saja yang mampu dan mau membelinya..

Demikianlah informasi tentang ikan koi termahal yang pernah ada, semoga bermanfaat

#donibastian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BUKU BARU .. !Terbit Juli 2020

BUKU 'DOKTER KOI'

Informasi lengkap tentang jenis penyakit dan cara pengobatan.

Lihat
WhatsApp chat