Kinginrin – Sisik Perak dan Keemasan Pada Ikan Koi

kinginrin

“Kinginrin” berarti ‘keemasan’, ‘keperakan’ atau ‘perak’ mengacu pada sisik Koi yang berkilau tampak seperti warna emas. Jika terletak di atas Hi (merah) dan terlihat keperakan bila berada diatas Sumi (hitam) atau putih.

Dari intensitasnya, sisik Kinginrin dibagi menjadi dua jenis, yaitu yang pertama lebih dominan deposit berkilau (hampir kental) dan yang kedua deposit pada setiap sisik relatif rata.

Kado Gin
Tipe pertama adalah “Kado-gin”, dimana deposit berkilauan hanya ditemukan di bagian tepi sisiknya (‘Kado’ berarti “tepi”). Terkadang ada yang menyebutnya dengan “Sudare-gin”. Penampilan terburuk sisik ginrin seperti ini memiliki garis perak pada ujung sirip. Panjangnya tidak beraturan, sehingga tampak runcing dan umumnya tidak disukai.

 

 

 

Tama Gin
Tipe yang kedua disebut “Pearl Ginrin”, “Tsubu-gin” atau “Tama-gin”. Pusat timbangan yang mengkilap tampak jelas, dan ini membuat penampilannya terlihat tiga dimensi.

 

Read More

 

Hiroshimanishiki
Tipe ketiga, adalah “Diamond Ginrin”, dimana timbangannya memiliki kecemerlangan yang mirip dengan kilau permata. Bentuk ini juga disebut “Hiroshima Ginrin” atau “Hiroshima nishiki”. Jenis sisik ini seperti kaca retak dan dinilai kurang rapi.

 

Beta Gin
Tipe keempat adalah ‘Beta gin’. Sisik ginrin seperti ini biasanya tampak rapi menyebar ke seluruh tubuh Koi. Tipe ini banyak disukai oleh pehobi Koi.

Kinginrin telah memperkaya keragaman Nishikigoi, karena banyak disilangkan dan dapat ditemukan di setiap varietas Koi yang ada saat ini.

Berikut ini beberapa contoh Koi Ginrin :

kinginrin
Kohaku Ginrin

kinginrin

 

Hampir semua jenis ikan koi memiliki sisik kinginrin, sebagai hasil perkawinan silang dengan koi bersisik ginrin .

Tambahan info :

Kin-Gin-Rin  adalah referensi ke jenis skala koi daripada berbagai koi, dan secara harfiah berarti ‘sisik reflektif perak emas.’ Paling umum, Kin Gin Rin disingkat Gin Rin oleh koi .peternak, penjual dan penghobi koi masa kini. Varietas koi apa pun dapat memiliki sisik Gin Rin, dan betapa hebatnya peningkatan yang dihasilkan oleh sisik gemerlapnya. Penambahan sisik Gin Rin dapat mengubah koi yang biasa-biasa saja menjadi cantik yang menakjubkan. Gin Rin sangat reflektif sehingga setiap skala berkilau saat terkena cahaya. Tidak heran jika koi disebut Permata Hidup.

Teknis Gin Rin:

• Terminologi yang benar untuk Gin Rin koi adalah mendahului nama varietas dengan kata Gin Rin. Contoh: Gin Rin Showa, Gin Rin Asagi, dan lain sebagainya.

• Sisik Gin Rin tampak keemasan saat menutupi pigmen merah, atau *hi*. Sisik Gin Rin tampak keperakan saat menutupi pigmen putih atau hitam.

• Sisik Gin Rin yang ideal harus dimulai dari pangkal kepala, atau bahu, dan berlanjut ke pangkal ekor dan sepanjang kedua sisi sirip punggung. Barisan tangga nada harus tersusun dengan sangat rapi tanpa timbangan yang acak atau tidak serasi.

• Seekor koi harus memiliki setidaknya 2 baris lengkap, sebaiknya 3 atau lebih, untuk diklasifikasikan sebagai Gin Rin untuk masuk ke pertunjukan koi apa pun. Simetri sangat penting ketika mengevaluasi Gin Rin.

Sisik vs. Kulit

Koi yang termasuk dalam kelas Hikari Muji dan Hikari Moyo (Ogons, Kikusui, Kujaku, Hariwake dll.) juga mengkilap, tetapi mereka sangat berbeda dengan Gin Rin.

Ingatlah bahwa Gin Rin adalah sisik yang mengkilat. Kelas Hikari bersifat metalik, artinya kulit mereka memiliki kilau atau kilau metalik. Kilau itu akan menutupi seluruh tubuh, termasuk sisiknya.

Varietas Hikari akan menunjukkan kilau logam di kepala dan sirip dengan bagian dada yang paling menonjol. Jadi, perbedaan antara Gin Rin dan Hikari Koi adalah sisik versus kulit.

Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Gin Rin Koi

Saat mencari koi Gin Rin yang bagus, Anda harus melihat semua bling, jika memungkinkan, dan memilih ikan yang mendekati sempurna di setiap dimensi lainnya.

Pertama, periksa konformasi tubuh koi. Lihat bahwa ia memiliki proporsi yang benar dan semua sirip utuh. Selanjutnya, perhatikan bagaimana ia berenang, bernapas, dan bereaksi terhadap koi lainnya.

Kemudian pilih ikan dengan pola atau warna yang paling Anda sukai. Akhirnya Anda dapat berkonsentrasi pada sisik Gin Rin.

Ingatlah bahwa Gin Rin Koi harus memiliki dua atau lebih baris sisik yang lengkap, semakin banyak semakin baik. Mereka harus mulai dari bahu dan berakhir di ekor. Carilah sisik yang tersusun rapi dalam barisan yang lurus dan rata.

Hindari mereka dengan sisik yang hilang, acak atau campur aduk. Tata letak atau penempatan sisik tidak akan berubah saat koi tumbuh.

Dan terakhir, pilihlah koi dengan kilauan terbaik karena koi Kin Gin Rin juga dinilai dari kualitas sisiknya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

3 comments