Goshiki, Ikan Koi dengan Lima Warna

GOSHIKI, KOI DENGAN 5 WARNA

Goshiki adalah salah satu jenis koi yang termasuk di dalam varitas Kawarimono. Dari namanya, Goshiki 五色, terdiri dari 2 kata yaitu ‘Go’ 五 dalam bahasa Jepang berarti ‘lima’ dan ‘Shiki’ 色 yang artinya ‘warna’. Jadi Go shiki adalah koi yang memiliki perpaduan 5 warna yaitu : Biru, Biru Tua, Merah, Hitam dan Putih.

Sejarah Goshiki

Goshiki pertama kali dikenal di Jepang pada tahun 1918. Go shiki bisa diperoleh dari hasil perkawinan silang (cross breeding) antara Asagi dengan Aka Sanke atau Aka Bekko. Namun menurut Shuji Fujita didalam bukunya ‘Nishikigoi Mondo’, Go shiki adalah merupakan hasil mutasi dari Narumi Asagi yang kemudian dikenal sebagai Go shiki Asagi.

Masanaga Kataoka membuat silsilah Goshiki sebagaimana tampak pada gambar :

Goshiki sebagai hasil mutasi Narumi Asagi
goshiki
Goshiki juga bisa diperoleh dari cross breeding antara Narumi Asagi dengan Aka Bekko

Secara keseluruhan, penampilan Go-shiki berwarna keunguan, dengan warna merah cerah membentuk pola seperti Kohaku. Warna Goshiki akan tampil terbaik ketika berada pada suhu yang hangat dan akan memudar jika berada pada suhu yang lebih rendah.

Menilai Kualitas Goshiki

Untuk menilai kualitas Go-shiki yang terutama adalah dengan mengamati kualitas warnanya. Goshiki yang bagus terdapat warna merah yang terang (menyala) dan terlihat kontras dibandingkan warna-warna lainnya. Warna biru menyerupai pola pada Asagi juga tampak jelas dengan susunan sisik yang rapi, sedangkan untuk warna hitam (sumi) terlihat pekat meskipun minor.
Setelah mempertimbangkan intensitas warna, selanjutnya yang penting dalam menilai Go-shiki adalah bentuk pola (pattern) khususnya pada warna merah (hi). Pola warna merah pada Go-shiki mengikuti pola Kohaku. Pola warna merah yang seimbang secara keseluruhan sangat diperlukan untuk menunjang kualitas Go-shiki.

Berikut ini contoh Goshiki yang memiliki pola merah yang seimbang :

goshiki
Pola warna merah pada Goshiki yang seimbang dengan 3 step sebagaimana pola pada Sandan Kohaku

Di dalam berbagai kontes koi (Koi Show), Go shiki seringkali terpilih menjadi juara atau pemenang berbagai penghargaan. Oleh karena itu Go-shiki saat ini disebut-sebut sebagai bagian dari kelompok Gosanke selain Kohaku, Showa, Sanke dan mengalahkan keberadaan Utsuri.

Read More

Jenis Goshiki

Sejak pertama kali dibudidayakan, karakter pola dan warna Goshiki mengalami beberapa perubahan sebagaimana yang ditulis oleh Takeo Kuroki dalam bukunya ‘Modern Nishikigoi’ bahwa pada sekitar tahun 80’an, tedapat Go shiki yang disebutnya sebagai ‘New Go shiki’ dan ‘Kindai Go shiki’.

New Go-shiki
goshiki
Kindai Go-shiki

Hingga saat ini, Go-shiki terus dibudidayakan secara intensif oleh koi breeder khususnya di wilayah Niigata Jepang antara lain Maruju Koi Farm, Kanno Koi Farm, Hiroi Koi Farm,, Koda Koi Farm, AO Aokiya, Otsuka Koi Farm, Hosokai Koi Farm, Kawakami Koi Farm, juga Kondo Koi Farm dan Minuma Koi Farm.

Masing-masing koi farm tersebut memproduksi Go-shiki dan memiliki karakteristik tersendiri, sehingga diperoleh berbagai macam jenis pola dan warna Go-shiki.

goshiki
Terdapat berbagai karakter pola dan warna pada Go-shiki hasil produksi Koi Farm di Niigata Jepangs – Nishikigoi.life

 

Berikut ini adalah beberapa jenis Go-shiki antara lain :

Mameshibori Go-shiki, diproduksi oleh Hiroi Koi Farm, yang memenangkan penghargaan Best in Variety pada All Japan Koi Show Tahun 2010

MAMESHIBORI GOSHIKI

Adalah Go-shiki yang memiliki sisik yang tampak berbintik-bintik atau menyerupai Mameshibori, yaitu selembar kain handuk tradisional di Jepang dengan pola bintik-bintik warna hitam, merah atau biru.

Mameshibori, kain handuk tradisional Jepang

KINDAI GOSHIKI

‘Kindai’ dalam bahasa Jepang berarti ‘Masa Kini’ atau ‘Modern’. Mengapa disebut ‘Kindai Go-shiki’ atau ‘Modern Go-shiki’, sebab Go-shiki jenis ini ditemukan belakangan yaitu sekitar tahun 80’an yang memiliki karakter pola dan warna sisik yang berbeda dengan Go-shiki Tradisional.
Jika pada Go-shiki tradisional memiliki sisik menyerupai Asagi dan tampak memenuhi seluruh bagian punggung koi, sedangkan pada Kindai Go-shiki, sisik Asagi tidak merata dan terdapat bagian yang polos (putih) sebagaimana tampak pada gambar.

goshiki

KURO GOSHIKI

Kuro Gos-hiki didominasi dengan warna sisik kehitaman dengan pola warna merah diatasnya. Dengan demikian penampilan Kuro Go-shiki tampak lebih atraktif.

KURO GO SHIKI 80 cm, hasil budidaya Oyama Fish Farm yang memenangkan Sakura Prize pada All Japan Koi Show 2013
KURO GO SHIKI 65 cm peraih penghargaan Sakura Award pada All Japan Koi Show 2013, hasil produksi Takigawa Koi Farm
NEZU GO SHIKI Hasil budidaya Kano Koi Farm, memiliki sisik berwarna abu-abu
Ginrin Go shiki

 

Doitsu Go shiki
Tancho Go shiki

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.