isi Halaman
Home / Apresiasi / Mengenal Lebih Jauh Koi Utsuri

Mengenal Lebih Jauh Koi Utsuri

Masanori Shinoda sedang mengangkat Hi Utsuri Jumbo

SEJARAH KOI UTSURI

Utsuri adalah salah satu jenis koi yang tergabung di dalam varitas Utsurimono dengan paduan dua warna yang atraktif. Dari namanya maka Utsuri dalam bahasa Jepang berarti perpindahan, pantulan atau reflection (Eng.). Jadi Koi Utsuri adalah koi yang memiliki pola berselang-seling seperti papan catur. Pada dasarnya, Utsuri adalah koi hitam dengan pola berwarna  kuning, merah atau putih.

3 set utsuri

Awal Mula 

Utsuri pertama kali diperoleh dari hasil budidaya koi yang dilakukan oleh Elizaburo Hoshino pada tahun 1875 yaitu pada masa pemerintahan kaisar Meiji di Jepang. Elizaburo Hoshino kala itu menyilangkan Magoi dengan Ki Bekko (Ki artinya kuning) dan hasilnya adalah Ki Utsuri yang awalnya disebut Kuro Ki Han (koi hitam dengan pola warna kuning). Sewaktu pertama kali ditemukan, pola kuning pada  Ki Utsuri belum tampak sempurna, baru beberapa tahun kemudian Ki Utsuri dengan tampilan yang lebih baik diperoleh dari hasil persilangan Ki Usuri dengan Ki Utsuri yang dilakukan oleh Mosaku Hiroi.

Setelah itu diketemukan varitas Utsuri dengan pola berwarna putih atau dikenal dengan Shiro Utsuri (Shiro artinya putih). Shiro Utsuri pertama kali diternakkan oleh Kazuo Minemura di desa Yamakoshi Jepang pada sekitar tahun 1925.

Sedangkan Hi Utsuri (Hi artinya merah), sesunggguhnya adalah Ki-Utsuri yang warna kuningnya berubah menjadi kemerahan atau merah.

Lebih jelasnya, berikut ini adalah gambar silsilah Koi Utsuri :

silsilah utsuri 2

Warna dan Pola

Untuk memiliki Utsuri dengan kualitas yang baik, maka perlu mempertimbangkan beberapa kriteria berikut ini :

  1. Warna
Warna kuning pada Ki Utsuri, mirip warna daun Ginkgo Biloba

Oleh karena Utsuri pada dasarnya adalah Koi hitam, maka warna hitam yang ada lebih disukai adalah yang pekat dan mengkilat. Hindari memilih Utsuri yang terdapat banyak bercak hitam (black spot).

Warna kuning pada Ki Utsuri menyerupai warna daun Ginkgo Biloba. Sedangkan Shiro Utsuri, warna putih laksana salju.

 

2.Pola

Pola pada Utsuri idealnya adalah menyerupai papan catur, yaitu  berselang-seling secara seimbang antara hitam dengan kuning (Ki Utsuri), merah (Hi Utsuri) atau putih (Shiro Utsuri).

a. Bentuk Pola ideal

Pola pada Utsuri idealnya adalah mirip papan catur, yaitu berselang-seling secara seimbang antara hitam dengan kuning (ki utsuri), merah (hi utsuri) atau putih (shiro utsuri) sebagaimana gambar berikut ini :

b. Pola pada bagian kepala

Hal yang penting dalam menilai Koi Utsuri adalah pola d ibagian kepala. Utsuri yang baik adalah pada bagian kepala memiliki pola warna hitam yang seolah membelah di tengah kepala seperti membentuk huruf Y atau V (Y/V shape) sebagaimana gambar berikut ini :

y shape

c.Pola pada sirip dada.

Pada sirip Ki utsuri atau Hi Utsuri sebaiknya tampak seperti bergaris-garis (stripes), sedangkan untuk Shiro Utsuri, pada pangkal sirip dada terdapat warna hitam atau yang biasa dikenal dengan pola motoguro.

sirip utsuri
Motoguro pada sirip Shiro Utsuri
sirip hi utsuri
Pola hitam pada sirip hi utsuri bergaris-garis

Jenis Utsuri

Terdapat beberapa jenis Koi Utsuri lainnya yaitu :

 

  • Doitsu Utsuri
doitsu utsuri 2
Tanpa sisik (Doitsu Utsuri)
  • Kage Utsuri
kage utsuri2
Terdapat pola seperti bayangan jaring pada punggung Kage Utsuri
  • Gin Rin Utsuri
gin shiro utsuri
Utsuri dengan sisik Gin Rin

 

Telah dibaca 1.361 kali, hari ini 3 kali

Baca juga yang ini..

Mengapa Koi Lokal Tak Bisa Besar?

Silakan Login terlebih dahulu, atau klik Register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

KONTAK ADMIN GILAKOI.COM

Silakan mengirim pesan kepada kami, atau kontak WA 0812 9429 1117. Terimakasih

X
Kontak Admin