Indonesia Website Awards
JOIN NOW

Resiko Membeli Tancho Showa Tosai

Resiko Membeli Tancho Showa

tancho showa
Tancho Showa

Tancho Showa adalah termasuk jenis koi yang tidak mudah diperoleh. Koi yang memiliki ciri-ciri Showa ini memang tampak lebih elegan dengan pola bulat berwarna merah di bagian kepala. Oleh sebab itu, tak heran bila para pehobi koi seringkali memburunya.

Harga Tancho Showa yang bagus, tentu tidaklah murah apalagi sudah berumur lebih dari 1 tahun atau setidaknya dengan panjang tubuhnya sudah lebih dari 40 cm.

Ada kalanya para pehobi koi mencari Tancho Showa Tosai (umur kurang dari 1 tahun) agar harganya belum terlalu tinggi. Namun demikian, terdapat resiko yang bakal ditemui bila anda membeli Tancho Showa Tosai tersebut yaitu sbb :

1. Warna dan Pola ‘Belum Finish’

Pada Tancho Showa Tosai (rata-rata panjang badan koi kurang dari 40 cm), karena umurnya belum sampai 1 tahun, maka kemungkinan besar pertumbuhan pola dan warnanya masih berkembang atau populer dengan istilah ‘belum finish’. Lalu apa masalahnya bila warna atau pola koi ‘belum finish’. Maksudnya adalah dengan pertambahan usia koi, maka pertumbuhan warna pada sisik koi belum dapat dipastikan (unpredictable).

maruten showa
Maruten Showa. Tancho Showa bisa berubah menjadi Maruten Showa, bila tumbuh warna merah dibagian punggung koi yang membentuk pola.

Jadi jangan kaget bila setelah anda pelihara beberapa lama, maka akan tumbuh warna merah di bagian lain, seperti misalnya terdapat beberapa sisik warna merah atau perubahan pola warna hitam yang tumbuh di bagian kepala dan punggungnya. Dengan tumbuhnya sisik berwarna merah yang tidak merata di beberapa bagian tubuhnya tersebut atau berupa bintik-bintik merah (spot), tentu membuat penampilan Tancho Showa anda tak ‘secantik’ saat anda membelinya, bukan?

Bahkan bila kemudian muncul warna merah yang cukup dominan atau membentuk pola tertentu, maka jenis koi anda tidak lagi Tancho Showa, tapi menjadi Maruten Showa.

2. Perubahan pola ‘Hi’ di kepala 

‘Hi’ maksudnya warna merah. Jadi pola ‘hi’ yang berbentuk bulat yang hanya terdapat di bagian kepala dikenal dengan nama ‘Tancho’. Bila koi bertambah besar, maka kemungkin perubahan yang terjadi adalah pola Tancho.

Pada saat anda membelinya, mungkin pola Tancho tampak bulat seperti koin, namun ketika tumbuh dewasa, maka pola Tancho bisa saja berubah dan tidak sebulat seperti awalnya.

Hal ini selain akibat adanya pertumbuhan pola pada koi seiring dengan pertambahan umurnya, juga bisa terjadi karena pada pola Tancho pernah dilakukan operasi (dikerok) untuk memperoleh pola bulat. Setelah beberapa lama kemudian, tumbuh warna merah lagi pada bagian yang dikerok tersebut.

3. Kepekatan Warna

tancho showa2Semua pehobi tentu ingin agar warna koinya pekat dan mengkilap. Namun hal ini perlu waktu untuk pertumbuhannya. Koi Tosai, memang masih dalam tahap pertumbuhan. Maka dari itu, sangatlah wajar bila terjadi perubahan intensitas atau kepekatan pada warnanya, baik warna ‘sumi’ (hitam), maupun ‘hi’ (merah), seiring dengan bertambahnya umur koi.

Biasanya pada Showa Tosai, warna merahnya masih belum pekat benar, dalam arti agak kekuning-kuningan atau oranye. Apakah ini pertanda kualitas warnanya rendah? Belum tentu juga. Sebab bisa saja ketika koi sudah berumur 3 tahun atau lebih, maka warna merahnya berubah menjadi tebal dan pekat.

Justru sebaliknya bila ada Showa Tosai yang sudah tampak pekat warna merahnya, bisa jadi itu adalah koi dewasa atau sudah tua, tapi tubuhnya pendek. Koi semacam ini, meski bertambah umurnya tapi akan sulit menjadi panjang dan besar, mungkin karena faktor genetika (faktor keturunan).

Dari uraian diatas maka dapat diperoleh suatu kesimpulan bahwa bila anda membeli Tancho Showa Tosai, maka anda harus benar-benar teliti memeriksa apakah ada tanda-tanda akan munculnya warna merah di bagian tubuh lainnya. Untuk itu, luangkan waktu sejenak untuk melihatnya dari dekat sehingga anda lebih leluasa menelitinya sebelum membeli koi. Pastikan bahwa anda tidak salah dalam memilih koi sesuai dengan yang anda inginkan.

Semua resiko diatas bisa anda kurangi  bila anda membeli koi Sansai yaitu yang berumur 3 tahunan. Sebab pertumbuhan warna dan pola tidak cukup signifikan, dalam arti meskipun terdapat perubahan pola, tidak banyak mempengaruhi penampilan koi anda.

Demikianlah semoga bermanfaat

Salam #GilaKoi

Varitas Koi Tancho

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.