GilaKoi

The Indonesian Koi Kichi

Resiko Membeli Tancho Tosai

tancho tosaiBegitu banyak pehobi koi yang suka memelihara Tancho. Karena Tancho yang sudah besar harganya mahal, maka tidak sedikit yang memeliharanya sejak dari kecil (Tancho Tosai). Namun demikian, ketika mulai tumbuh besar, tidak jarang pemiliknya merasa kecewa, sebab Tancho yang semasa kecil terlihat bagus dan mulus, setelah beranjak dewasa, berubah penampilanya.

Tancho tosai yaitu yang berumur dibawah 1 tahun, rata-rata ukuran panjang tubuhnya dibawah 30 cm. Bila anda membeli Tancho tosai, maka terdapat kemungkinan adanya perubahan pada penampilan Tancho anda dan akan membuat anda kecewa antara lain :

1. Perubahan pada pola bulat

Anda tentu mendambakan punya Tanco yang pola bulat di kepalanya tetap sempurna. Tapi tidak jarang ketika Tancho anda mulai tumbuh besar, maka pola bulat yang ada mulai berubah.

Perubahan ini disebabkan antara lain adalah karena pernah dilakukan operasi kecil (cosmetic surgery) tujuannya yaitu mengangkat sebagian kulit di bagian kepala untuk membentuk pola bulat pada tancho agar tampak lebih sempurna. Operasi ini akan menimbulkan resiko tumbuhnya kembali warna yang pernah diangkat sebelumnya.

Kemungkinan lainnya adalah perkembangan pola bulat pada Tancho belum berakhir atau dengan kata lain, seiring dengan pertumbuhan badan koi, bisa saja warna merah pada pola bulat di kepala Tancho juga ikut berkembang atau membesar sehingga pola bulatnya menjadi tidak sempurna.

2. Tumbuh spot warna hitam atau merah

Selain perubahan pada pola bulat dikepala, maka pada bagian punggung Tancho juga bisa saja tumbuh bercak warna lain seperti warna merah atau hitam. Meski hanya satu sisik saja yang berwarna selain putih, hal ini tentu akan mengurangi keindahan Tancho anda.

Atau mungkin saja terjadi lebih parah lagi yaitu yang pada awalnya hanya tumbuh satu sisik saja yang berwarna hitam atau merah, tapi semakin bertambah umurnya, maka akan tumbuh lagi warna di bagian lain atau hingga membentuk pola di punggung Tancho. Bila sudah demikian maka Tancho anda akan berubah menjadi Tancho sanke atau Kohaku Maruten.

Namun demikian, bila telah terjadi perubahan apapun pada Tancho anda, tentu anda akan merasa kecewa bukan?

3. Tumbuh sisik Ginrin

Ada juga Tancho yang tiba-tiba tumbuh sisik ginrin yang tidak merata. (Ginrin adalah sisik yang berwarna putih keperakan). Kemungkinan besar yang terjadi adalah Tancho tersebut adalah memang keturunan dari Kohaku Ginrin. Jadi sewaktu masih kecil, belum tumbuh sisik ginrin nya, dan baru muncul setelah beranjak dewasa.

Memang begitulah resikonya bila anda membeli Tancho dengan ukuran kecil atau dibawah 30 cm. Tak ada satupun penjual yang berani menjamin pola Tancho yang dijualnya akan tetap untuk seterusnya.

Demikianlah semoga bermanfaat.

Salam #GilaKoi

Telah dibaca 2,055 kali, hari ini 6 kali
Updated: 12/01/2017 — 11:38

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GilaKoi © 2015 - Indonesian Koi Kichi