Tips Menang Kontes dengan Koi Lokal

Siapa bilang koi lokal tak bisa menang kontes?

Jangan salah, kualitas koi lokal kita sekarang ini sudah cukup bagus dan mampu bersaing pada acara kontes koi di berbagai kota.

Namun demikian, agar potensi koi anda menang dalam kontes cukup besar, anda boleh mengikuti beberapa tips dan triks berikut ini :

  1. Menentukan Kelas Kontes

Sebelumnya anda harus menentukan ingin ikut kategori yang mana dan ukuran berapa. Disarankan untuk mengikuti kontes untuk ukuran (size) dibawah 50 cm dulu. Jangan bermimpi menang untuk kelas diatas 50 cm atau lebih.

Mengapa?

Asumsinya sederhana saja bahwa anda sebagai peserta pemula dalam kontes koi. Oleh karena itu, jadikanlah sebagai pengalaman terlebih dulu, sebagai bekal untuk mengikuti acara kontes koi berikutnya. Tapi kalau ingin mencoba, silakan saja.

Bila anda tidak memiliki koi import, dengan koi lokalpun anda tetap berpotensi menang. Untuk itu disarankan kepada anda ikut pada kelas pada ukuran antara 25-40 cm.

Mengapa saya menyarankan demikian?

Alasan yang pertama adalah, koi lokal yang berkualitas untuk ukuran 25-40 cm, masih cukup tersedia di pasar lokal. Anda lebih leluasa memilih varitas mana yang ingin anda ikuti. Alasan lainnya adalah untuk kelas ukuran diatas 50 apalagi diatas 70 cm, koi lokal yang berkualitas sangat sulit didapatkan. Bilapun ada, maka tak akan mampu bersaing dengan koi import di ajang kontes.

Koi lokal yang berkualitas, meski berukuran kecil (25-40cm) harganya juga sudah cukup tinggi atau diatas rata-rata. Sudah sewajarnya bilai koi bagus, harganya tentu juga tinggi. Harga tinggi bukan berarti mahal, bila sesuai dengan kualitasnya.

Perkiraan harga untuk koi kecil (dibawah 40 cm) yang layak ikut kontes berkisar antara Rp. 1 s/d 3 Juta. Namun bila telah menang kontes, harganya tentu akan melambung hingga Rp. 5 Juta per ekor, atau bahkan lebih tergantung dari kualitasnya.

2. Mencari koi (koi hunting)

Bagaimana cara memperoleh koi untuk ikut Kontes?

Bila anda serius ingin ikut kontes, anda tentu juga serius untuk mencari koi yang bagus bukan? Untuk memperoleh koi berkualitas kontes, anda tak mudah atau sangat sulit memperolehnya di pasar-pasar atau pusat penjualan ikan hias atau koi dealer yang ada.

Mengapa ? Sebab Koi yang layak kontes, sejak dari kolam breeder sudah dipisahkan dari lainnya dan dijual secara khusus, karena harganya jauh diatas harga rata-rata. Koi ini hanya ditawarkan kepada pehobi berat, kolektor atau yang paham cara menilai kualitas koi.

Oleh sebab itu, bila anda ingin mencari koi bagus untuk diikutkan kontes, maka anda bisa menghubungi penjual koi langganan anda agar dibantu mencarikan koi berkualitas kontes.

Atau anda bisa langsung  datang ke farm milik para petani koi kita di Blitar dan Sukabumi untuk hunting koi. Bila ini anda lakukan, anda tak akan lama-lama memperolehnya, tapi sekali lagi harganya tentu sudah cukup tinggi. Para breeder tentu sangat paham dalam menilai kualitas koi mereka, tinggal kemampuan anda dalam bernegosiasi yang akan menentukan.

Cara lainnya adalah dengan bergabung dalam grup atau komunitas pecinta koi dan atau penjual koi baik dalam organisasi atau media sosial, dan anda harus rajin memantau koi yang sedang dijual disana. Memang tidak sering, namun sesuai pengamatan saya, terkadang ada juga koi yang berkualitas kontes yang dijual oleh para penjual koi melalui akun media sosialnya.

3. Membeli Koi secara Online 

Membeli koi secara online lebih praktis, namun mengadung resiko, sebab anda hanya melihat fotonya saja. Koi yang tampak di dalam foto tentu tidak sama dengan kondisi fisik sesungguhnya. Oleh sebab itu, karena anda akan membeli koi yang harganya cukup tinggi, sebaiknya jangan terburu-buru mengambil keputusan, sebelum anda melihat langsung dan memeriksa koi yang ingin anda beli.

4. Koi yang berpotensi juara

Ini adalah hal terpenting dari apa yang telah saya sampaikan diatas. Sesuai pengamatan saya, koi lokal yang sering tampil jadi juara kontes adalah terutama dari varitas Sanke, Shiro/Hi utsuri, (ai/budo) Goromo dan sebagian Showa. Untuk varietas kohaku masih agak berat untuk bersaing dengan koi import. Oleh sebab itu, saya menyarankan untuk ikut dalam kategori selain kohaku.

Koi yang berpotensi menang dalam kontes antara lain memenuhi krteria sbb :

a.Kelengkapan organ tubuh.

Pastikan bahwa seluruh organ tubuh lengkap dan tidak cacat. Berikut ini gambar anatomi koi sebagai acuan untuk memeriksa kelengkapan organ tubuh koi.

anatomi koi
Pastikan seluruh organ tubuh koi lengkap dan tidak cacat, sebelum memutuskan untuk mengikuti kontes.

 

b. Bentuk tubuh (Body Conformation)

Jangan memilih koi dengan bentuk tubuh yang terlampau kurus atau terkesan memanjang. Bagian kepala sedikit lebih kecil bila dibandingkan dengan punggungnya sebagaimana contoh pada gambar berikut :

body koi
Sebaiknya anda memilih bentuk tubuh koi seperti pada gambar A atau C dan hindari B.

Penjelasan detail perihal bentuk tubuh koi yang ideal. silakan klik disini

c. Kualitas Warna (Color Quality)

Hal yang juga penting dalam memilih koi untuk megikuti kontes adalah kualitas warnanya. Semua koi yang ikut serta dalam kontes, tentu punya keunggulan disisi warna atau pigmentasinya. Jadi jangan harap anda bisa menang bila koi anda tidak memiliki kualitas warna, sebagus apapun polanya.

Kualitas warna yang baik untuk semua varirtas secara umum baik warna merah (hi), hitam (sumi) dll adalah harus benar-benar pekat dan mengkilat serta tidak ada gradasi warna. Untuk warna putih (shiroji) juga harus benar-benar putih seputih salju. Memang tidak gampang mencari koi dengan kualitas warna yang demikian, namun bila anda sabar dalam mencarinya, suatu saat pasti anda temukan.

menang kontes
Contoh kualitas warna pada sanke yang layak ikut kontes. Warna merah yang pekat dan putih yang bersih, sangat berpotensi menang.

d. Pola (Pattern)

shiro top
Pola pada Utsuri yang membuat anda bilang : “WOW !!..”

Setelah memperoleh kualitas warna yang bagus, syarat lainnya yang musti dipenuhi adalah pola (pattern) yang ada. Cara menilai pola untuk masing-masing varietas tidak sama. Meski masing-masing ada semacam acuannya, tapi secara keseluruhan pola warna yang ada disepanjang kepala hingga menjelang ekor haruslah tampak seimbang (balanced). Pola yang dinamis juga bisa menambah nilai.

Mengapa demikian? Sebab keindahan sebuah pola pada koi adalah karena adanya keseimbangan. Sebagai contoh misalnya pola pada kohaku, atau dikenal dengan step. Step kohaku yang bagus adalah melebar dan proporsional, seolah mengisi setiap area dengan seimbang. Berikut ini beberapa contoh pola koi yang sangat layak mengikuti kontes koi.

sanke GC
Ini contoh Sanke yang punya pola yang sangat seimbang (well balanced). Koi seperti ini layak jadi juara.
sanke dinamis
Dengan pola yang dinamis , membuat sanke seperti ini sangat pantas jadi juara

e. Penampilan Koi dan Kesan Pertama (Elegance & Imposing Presence)

Koi yang ikut kontes juga dinilai cara berenangnya dan bagaimana dia menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Koi yang berenang dengan tenang, kedua siripnya terbuka lebar, tidak memisahkan diri dari lain, gerakannya yang gemulai mengelilingi bak display (VAT) sangat disukai oleh para juri. Sebaliknya bila koi menyendiri, atau berenang tidak beraturan atau gerakannya patah-patah maka tentu tak banyak menyokong nilai penampilannya.

Juga kesan pertama saat melihatnya, akan mampu menambah nilai. Apalagi sampai membuat orang bilang “wow !”.

Demikianlah semoga bermanfaat

Salam #GilaKoi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp chat