GilaKoi

The Indonesian Koi Kichi

Sekilas Tentang ‘Kindai Showa’

kindai-showa

Kindai Showa atau disebut juga Modern Showa

Showa Sanshoku pertama kali diternakkan oleh Jukichi Hoshino pada tahun 1927, dari hasil silangan antara Ki Utsuri dan Kohaku.
Pada mulanya, warna hi pada Showa pertama itu agak kuning kecoklatan. Baru setelah 37 tahun kemudian yaitu pada tahun 1964, Tomiji Kobayashi berhasil memproduksi Showa yang Hi nya benar benar merah, dengan menggunakan Yagozaemon-Kohaku.

Nama Showa diambil sebagai penghormatan kepada kaisar Jepang pada waktu itu. Pada saat pertama kali diperkenalkan, Showa adalah koi yang memiliki warna merah dan putih dengan warna dasar hitam.

Oleh karena pada waktu itu varietas koi belum sepopuler sekarang, maka varietas Showa seperti yang kita kenal sekarang dengan traditional/klasik Showa. Tetapi bukan berarti waktu itu tidak ada Showa dengan dominasi warna putih (yang sekarang kita kenal dengan Kindai (modern) Showa.

Nama Kindai Showa diambil hanya untuk membedakan dengan Showa traditional, yang mana kindai showa didominasi warna putih yang populer setelah tahun 1980. Tetapi tetap saja kindai showa termasuk varietas Showa.

Pada awal pemunculannya, Showa adalah hasil cross breeding antara Kohaku dengan Ki/Hi Utsuri. Showa bisa juga didapatkan dari hasil pasangan pijah Hi Utsuri.

Untuk membaca selanjutnya, silakan Login terlebih dahulu, atau klik Register

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GilaKoi © 2015 - Indonesian Koi Kichi