GilaKoi

The Indonesian Koi Kichi

Mengapa Koi Bagus Dijual Murah?

Di dalam group komunitas pecinta koi atau penjual koi, saya seringkali menemukan foto koi yang menurut saya cukup berkualitas namun dijual atau ditawarkan dengan harga yang terlalu rendah. Tidak hanya transaksi melalui internet, banyak juga para pedagang koi di pusat-pusat perdagangan ikan hias, menjual koinya terlalu murah. Hal ini tentu amat disayangkan.

Mengapa?

culling koi

Breeder Koi di Jepang melakukan beberapa tahap seleksi (culling) pada burayak koi. Hal ini untuk memastikan hanya koi yang berkualitas yang layak dibesarkan.

Begini, para koi breeder tidak gampang untuk memperoleh koi yang kualitas pola dan warnanya bagus. Dalam satu pemijahan, jumlah telur yang dihasilkan oleh koi betina bisa mencapai ratusan ribu jumlahnya. Bila saja semuanya bisa menetas dan jadi burayak koi, maka sebagian besar adalah koi dengan kualitas rendah, sebagus apapun pasangan induknya. Dari semua burayak yang ada, paling banyak 2 % nya saja yang berkualitas baik. Sangat sedikit bukan?

Lalu mengapa yang sangat sedikit itu sampai dijual murah?

Tahukah anda, untuk mendapatkan koi berkualitas tinggi dalam satu pemijahan, diperlukan beberapa kali masa seleksi (culling), apalagi untuk varietas Showa. Kegiatan menyeleksi anakan koi juga membutuhkan keahlian dan tentu ketelatenan yang luar biasa dari para breeder. Bila tidak dilakukan seleksi dengan baik dan benar, maka kualitas hasil ternakannya pun juga tidak maksimal.

Untuk membaca selanjutnya, silakan Login terlebih dahulu, atau klik Register

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GilaKoi © 2015 - Indonesian Koi Kichi