GilaKoi

The Indonesian Koi Kichi

Sekelumit Tentang Tancho

tanchoTancho, mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda. Koi dengan pola bulat koin tepat dikepala ini, sangatlah digemari para hobbyist.
Semua varietas koi, bisa saja timbul pola tancho. Tapi apabila pola bulat di kepala diikuti pola warna lain di bagian punggung, maka namanya menjadi Maruten.

Tancho yang sempurna, yaitu yang memiliki pola benar-benar bulat seperti koin dan berada tepat di tengah2 kepala, adalah koi yang sangat langka.
Mengapa saya bilang langka, sebab tidak ada satupun breeder atau petani koi yang bisa memproduksi koi yang semuanya Tancho dalam satu peranakan. Bagi petani koi, memperoleh Tancho yang bagus polanya, benar-benar sebuah keberuntungan.

Tapi, mungkin anda pernah menemukan banyak sekali Tancho dalam satu kolam milik petani atau dealer, yang polanya bagus-bagus semua?
Bisa saja itu terjadi, tapi tentu butuh ketelatenan dan kesabaran yang tinggi untuk mengumpulkan tancho-tancho tersebut, bila memang tancho tsb murni diperoleh secara alami. Maksudnya? Ya, alami maksudnya asli dan tidak ada rekayasa.

Jadi ada rekayasa untuk Tancho? Seperti apa jelasnya?
Tentu ini yang menjadi pertanyaan besar bagi para pemelihara koi, apalagi yang baru mengenal koi.

Ikuti informasi terkait “Kontroversi Cutting Koi”

Salam ‪#‎gilakoi‬

Telah dibaca 579 kali, hari ini 1 kali
Updated: 09/09/2015 — 12:18

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GilaKoi © 2015 - Indonesian Koi Kichi