Indonesia Website Awards
JOIN NOW

Doni Bastian’s Advise #1

CARA MELEPAS KOI BARU DARI KANTONG BEROKSIGEN

Koi yang berada di dalam kantong beroksigen itu dalam keadaan stress, karena berada di tempat yang sempit. Tak heran jika koi akan menggelepar di dalam kantong, karena merasa tidak nyaman. Nah, koondisi koi yang sedang stress di dalam kantong, jangan ditambah stress lagi ketika melepasnya ke kolam.

Idealnya, sebelum dimasukkan ke kolam utama. hendaknya dilakukan proses karantina terlebih dahulu. Namun demikian hal yang paling penting ketika melepas ikan koi dari kantong beroksigen, harus dilakukan dengan benar.

Berikut ini step-step nya:

1. Ketika Koi baru datang (masih berada di dalam kantong), letakkan dulu di atas air kolam (apungkan) selama +/30menit s/d 1 jam. Ini adalah proses aklimasi yaitu untuk menyamakan suhu air di dalam kantong dan di kolam/bak karantina.
Mengapa perlu disamakan suhu airnya, sebab koi tidak suka dengan perubahan air yang mendadak.

2. Selanjutnya, buka ikatan kantong, dan masukkan tangan anda untuk merasakan suhu air di dalam kantong dengan air kolam. Apakah sudah terasa sama? Jika sudah relatif sama maka lakukan langkah ke-3.

3. Buka mulut kantong dan masukkan air kolam secara perlahan2 ke dalam kantong hingga penuh. Apa tujuannya? Agar air kolam dapat bercampur dengan air didalam kantong, sehingga koi tidak merasa ada perubahan thd kondisi air.

Langkah ke-3 ini, seringkali tidak dilakukan yaitu koi langsung diangkat keluar dari kantong dan dimasukkan ke kolam. Ini hal yang keliru dan salah kaprah.

Mengapa keliru?

Sebab ketika koi diangkat dari kantong seperti dipaksa untuk masuk ke air kolam. Jika kualitas air kolam berbeda dengan air di dalam kantong berbeda secara signifikan, misal perbedaan pH, salinitas dll, maka koi tentu akan merasa tidak nyaman, dan mengalami stress untuk kedua kalinya.

4. Setelah kantong terisi penuh dengan air, gulung sedikit mulut kantong dan tenggelamkan dalam keadaan mulut kantong terbuka. Hal ini untuk memberi kesempatan koi keluar sendiri.

INGAT ! JANGAN PAKSA KOI KELUAR DARI KANTONG. BIARKAN KOI KELUAR  ATAS KEMAUANNYA SENDIRI

Biasanya koi tak akan segera keluar sebab merasa belum nyaman. Tapi setelah beberapa menit kemudian, setelah koi merasa nyaman dengan kondisi air maka koi akan keluar sendiri dari dalam kantong.

5. Setelah koi keluar dari kantong, angkat kantong plastik beserta air yang ada di dalamnya dan selesai.

Advised by Doni Bastian – 31/10/2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.